HomeDemokrasi35 Persen Pengurus Demokrat Aceh Diisi Kaum Perempuan

35 Persen Pengurus Demokrat Aceh Diisi Kaum Perempuan

Nukilan.id – Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Aceh periode 2021-2026 resmi dilantik Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) secara virtual di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh,  Jum’at (7/1/2022).

Periode ini, DPD Partai Demokrat Aceh di bawah kepemimpinan Muslim, SHI, MM menghadirkan komposisi kepengurusan baru yang inklusif dan representatif, yaitu 65% kepengurusan diisi kaum laki-laki, dan 35% diisi kaum perempuan.

Sementara itu, untuk keterwakilan usia muda diisi sebesar 6% generasi Z, yaitu mereka yang berusia dari 17-23 tahun, generasi milenial diisi sebesar 56% yaitu mereka yang berusia 24-39 tahun, generasi X sebesar 34% yaitu mereka yang berusia 40-55 tahun, sedangkan dari segi kader, 37% kepengurusan diisi kader lama dan 63% kader baru.

Kemudian, untuk pemerataan representatif pengurus dari setiap wilayah di Aceh, yaitu struktur kepengurusan Partai Demokrat Aceh yang baru diisi 30% berasal dari Aceh bagian Timur, 18% berasal dari Aceh bagian Tengah, 32% berasal dari Banda Aceh – Aceh Besar, dan 20% berasal dari Aceh bagian Barat Selatan.

Selanjutnya, dari klasifikasi latar belakang, pengurus DPD Partai Demokrat Aceh diisi 60% wirausaha, 25% Profesional, 9% pengusaha, dan 6% pejabat publik. Sedangkan untuk komposisi berdasarkan klasifikasi pendidikan, 68% pengurus DPD Partai Demokrat Aceh berpendidikan S-1, 11% S-2 dan 1% S-3 dan 7% Diploma dan 13% SMA, itu semua dari total 186 orang pengurus.

“Artinya, hampir sebagian besar pengurus DPD Demokrat Aceh adalah berpendidikan Strata Satu. Karena itu, kami yakin dengan komposisi kepengurusan yang baru ini, InsyaAllah kami mampu dan siap memenangkan pemilu pada tahun 2024, terkhusus kami siap memenangkan Ketum Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Presiden di tahun 2024 mendatang,” tegas Muslim dalam sambutan pertamanya usai dilantik sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Aceh.

Selain itu, Muslim juga mengatakan, pihaknya yakin Partai Demokrat akan memberi semangat baru bagi pembangunan Aceh kedepan. Demokrat dibawah kepimimpinan Ketum AHY mengusung politik bertajuk MUDA ADALAH KEKUATAN, kader Demokrat memiliki semangat dan optimisme menggapai mimpi kaula muda.

“Anak-anak muda hari ini memiliki kesadaran kritis yang tidak kalah dari pemuda pejuang kemerdekaan terdahulu. Anak muda merasa memiliki kompetensi sehingga tidak perlu ragu untuk mengekspresikan argumen dan ide mereka, pada saat yang sama mereka juga mampu membangun kolaborasi dan sinergitas untuk satu tujuan yang sama, satu hal yang terpenting untuk diperhatikan Adalah budaya politik anak muda dalam menempatkan argumen diatas sentimen,” ungkap Muslim yang juga Angola Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Dapil Aceh 2 itu.

Pada kesempatan yang sama, Muslim ingin mengajak seluruh kader Partai Demokrat Aceh baik yang muda maupun yang sudah senior meskipun berbeda generasi untuk tetap berkolaborasi dengan baik dalam mewujudkan cita-cita Partai Demokrat.

“Saya juga mengharapkan semua kader Partai Demokrat Aceh untuk meningkatkan kepekaan kita semua terhadap kondisi yang terjadi di sekitar kita saat ini,” ujarnya.

Sebagai partai politik, kata Muslim, Partai Demokrat akan terus memperjuangkan hak dan kekhususan yang dimiliki masyarakat Aceh.

“Kita konsisten untuk mengawal dan memperjuangkan perpanjangan dana otonomi khusus Aceh, dan Demokrat juga berkomitmen mengawal proses revisi undang-undang pemerintahan Aceh yang saat ini sudah masuk dalam daftar program legislasi nasional. Selain itu, kita juga mendukung penuh upaya penguatan lembaga Wali Nanggroe sebagai salah satu kekhususan yang dimiliki Aceh,” tuturnya.

Oleh karena itu, Muslim yakin Partai Demokrat akan terus konsisten menyuarakan aspirasi rakyat dan terus berkoalisi dengan rakyat dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat.

“Saya juga berterima kasih kepada anggota DPR Fraksi Partai Demokrat khususnya DPRA, DPRK dan Seluruh Kepala Daerah yang berasal dari Partai Demokrat baik ditingkat provinsi maupun Kabupaten/Kota yang terus menyuarakan aspirasi rakyat degna mengunakan hati yang bersih, niat yang tulus serta kerja yang ikhlas untuk terus membantu masyarakat Aceh yang masih menghadapi kesulitan ekonomi,” ucapnya.

“Semoga Partai Demokrat Aceh akan selalu dapat mengukuhkan persatuan dan kesatuan diantara kita semua, insyaAllah dengan kesungguhan kita dalam bekerja dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat akan membuah hasil yang kita harapkan, bersama kita kuat, bersatu kita bangkit,” tutup Muslim. [MIR]

- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img