Sunday, July 14, 2024

Peringati Maulid Nabi, Dayah Darul Mustafa Aceh Besar: Ini Sunnah Dalam Islam

Nukilan.id – Pengurus Besar Dayah Darul Mustafa, Tgk. Al Muniza Kamal mengatakan bahwa, hukum memperingati maulid Nabi Muhammad SAW adalah sunnah dalam Islam.

“Kita jangan lupa bahwa lahirnya manusia terbaik, walaupun sekarang secara fisik beliau sudah tidak ada, namun legisi peninggalan beliau itu banyak sekali, salah satunya adalah legisi silaturrahmi,” ungkap Tgk Al-Muniza di sela acara peringatan Maulid Nabi di Dayah Darul Mustafa Desa Cot Madhi, Blangbintang, Kabupaten Aceh Besar, Sabtu (8/1/2022).

Ia menjelaskan, dalam peringatan Maulid Nabi legisi silaturrahmi itu terjalin. Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam sebuah hadist berikut, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturahmi,” (HR. Bukhari – Muslim).

“Kesibukan kita sekarang begitu banyak, sehingga dengan adanya peringatan Maulid Nabi ini kita dapat bertemu dan menjalin silaturrahmi,” ungkap Tgk Al-Muniza.

“Jadi, hari ini kita ingin mengembalikan sunnah-sunnah itu yang mulai kita tinggalkan, karena umat semakin hari semakin sibuk dengan kegiatan sendiri dan lupa akan persaudaraan dan kemanusiaan, padahal itu sunnah yang harus kita jalankan, makanya peringatan Maulid Nabi digelar sebagai ajang silaturrahmi,” tutur Tgk. Al-Muniza.

Selain itu, kata dia, dalam acara peringatan Maulid Nabi ini, kita juga dapat menceritakan kisah Rasullah dahulu dalam memperjuangkan Islam dengan Akhlaqul Qarimah yang sampai saat ini masih ditegakkan di muka bumi.

“Selain sunnah silaturahmi, InsyaAllah kedepan kita yang berkumpul di kegiatan maulid ini juga mendukung kegiatan pemerintah yaitu kegiatan zikir bersama, donor darah dan khitanan massal. InsyaAllah di kegiatan Maulid selanjutnya agenda ini juga akan kita jalankan di Dayah Darull Mustafa, karena sunnah bukan hanya di wujudkan dengan lisan tapi juga dengan perbuatan,” pungkas Tgk. Al-Muniza Kamal.

Reporter: Hadiansyah

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img