Saturday, January 28, 2023

Indonesia Tuan Rumah Kejuaraan Wushu Juniar 2022

Nukilan.id – Indonesia bersiap menyambut Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022. Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah dengan menyelenggarakan ajang tersebut di ICE Bumi Serpong Damai Tangerang, Banten, pada 5-11 Desember mendatang.

Untuk itu, Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) telah menyiapkan 23 nama atlet yang akan tampil berlaga mewakili Indonesia. Adapun 23 atlet tersebut terdiri dari 12 orang untuk nomor taolu dan 11 orang untuk nomor sanda. Atlet taolu memiliki enam atlet putra dan enam atlet putri, sedangkan sanda punya delapan atlet putra dan tiga atlet putri.

Ke-23 nama yang terpilih diambil dari seleksi nasional (seleknas). Total, ada 49 atlet yang ikut seleksi hingga akhirnya terpilih 23 nama. Kini, para nama terpilih tengah menjalani pemusatan latihan di Gedung GBK Arena Senayan, Jakarta.

“Mereka yang diterjunkan di Kejuaraan Dunia Wushu Junior VIII ini merupakan atlet junior terbaik dari hasil seleksi dalam beberapa tahapan yang dilakukan PB WI. Mulai dari sirkuit nasional, kejuaraan nasional, hingga seleknas,” ujar Wakil Ketua Umum I PB WI yang membawahi Bidang Prestasi Iwan Kwok seperti diwartakan Antara.

Dalam laman resmi The International Wushu Federation (IWUF), Kejuaraan Dunia Wushu Junior alias The World Junior Wushu Championships adalah pertemuan para atlet muda terbaik dari berbagai negara. Ajang ini biasa digelar dua tahun sekali.

Sukses Prestasi dan Penyelenggaraan

Langkah yang dilakukan PB WI dalam menyeleksi dan menggelar pemusatan latihan sudah tepat. Di samping itu, Indonesia juga memantapkan diri guna memastikan lancarnya penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022.

Dari sisi prestasi, Indonesia memasang target meraih empat medali emas. Sedangkan dari segi penyelenggaraan, Indonesia ingin semuanya berjalan lancar.

Untuk itu, pada Selasa (22/11) lalu, Menpora mengundang Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) dan panitia penyelenggara untuk rapat koordinasi. Pertemuan dilakukan di Gedung Kemenpora, Senayan, Jakarta.

“Kita sama-sama ingin bagaimana kejuaraan dunia ini sukses, lancar, dan tidak ada hambatan. Sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi. Atlet dijaga betul jangan sampai ada yang cedera,” ujar Zainudin Amali.

Senada dengan Zainudin Amali, harapan agar Indonesia sukses prestasi sekaligus penyelenggaraan juga disampaikan oleh PB WI.

“Persiapan sudah 90 persen. Peserta yang ikut ada 61 negara. Semua atlet kita sudah siap. Mereka direkrut dari ajang-ajang pertandingan sebelumnya. Target Indonesia bisa meraih empat medali emas. Mohon doanya agar pelaksanaan bisa berjalan dengan lancar dan juga sukses prestasi,” ujar Sekretaris Jenderal PB Wushu Ngatino. [GNFI]

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img