Friday, September 20, 2024
1

Pj Wali Kota Banda Aceh Pastikan Ketersediaan Pangan Jelang PON

NUKILAN.id | Banda Aceh – Penjabat (Pj) Wali Kota Banda Aceh, Ade Surya, melakukan inspeksi langsung ke Pasar Al-Mahirah Lamdingin untuk memastikan ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka persiapan menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Dalam peninjauannya, Ade Surya mengecek langsung harga sejumlah komoditas penting seperti cabai, bawang, minyak goreng, beras, dan daging. Hasilnya, harga-harga tersebut masih terpantau stabil dan berada dalam kisaran normal.

“Alhamdulillah, hingga saat ini semua bahan kebutuhan pokok masih terkendali,” ujar Ade Surya kepada Nukilan, Senin (5/8/2024).

Pemerintah Kota Banda Aceh berkomitmen untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan pangan selama penyelenggaraan PON. Mengantisipasi lonjakan permintaan, Pemko telah menyiapkan sejumlah langkah strategis, seperti operasi pasar dan subsidi biaya transportasi.

“Operasi pasar dengan memberikan subsisi harga komoditi pokok siap kita laksanakan. Begitu juga dengan subsidi biaya jasa transportasi untuk mereduksi harga agar tidak mengalami kenaikan,” jelas Ade.

Selain itu, Pemko juga telah bekerja sama dengan Bulog, BPS, BI, dan pihak terkait lainnya untuk memastikan pasokan pangan tetap terjaga. Bahkan, kerja sama dengan daerah penyuplai bahan pokok hingga ke Sumatera Utara telah dilakukan.

Menjelang PON dan Hari Kemerdekaan 17 Agustus, Ade mengimbau masyarakat agar tidak melakukan panic buying. Ia menegaskan bahwa pemerintah telah berupaya maksimal untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. 

“Masyarakat tidak perlu panik, pemerintah sudah menyanggupi untuk memenuhi kebutuhan barang pokok selama event besar ini,” ujarnya.

Ade juga mengingatkan bahwa peningkatan konsumsi selama PON justru akan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat. “Selama satu bulan, konsumsi pasti meningkat dan ada sedikit kenaikan harga. Tapi itu juga meningkatkan ekonomi masyarakat,” tambahnya.

Reporter: Rezi

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img