Sunday, September 22, 2024
1

Terapkan Kurikulum Merdeka, Cabdisdik Aceh Timur Evaluasi Guru dalam Mengajar

Nukilan.id –  Dalam upaya penerapan Kurikulum Merdeka tahun pelajaran 2023/2024, Cabang Dinas Pendidikan (Cabdisdik) Wilayah Aceh Timur mengevaluasi cara mengajar guru sekaligus mengetes kemampuan guru dalam mengajar.

Hal itu dilakukan oleh Cabdisdik Wilayah Aceh Timur untuk mendukung program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) yang sudah menerapkan Kurikulum Merdeka.

Menurut Kacabdisdik Wilayah Aceh Timur, Rahmatsah Putra, Kamis (13/7/2023) mengatakan, evaluasi dan tes kepada guru di wilayahnya sangat penting, karena setiap sekolah khususnya jenjang pendidikan menengah (Dikmen) haruslah sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Baca Juga: Disdik Aceh Resmi Gelar FLS2N Untuk PDBK Tahun 2023

Kegiatan ini dilakukan untuk melatih kembali cara mengajar guru dalam menjalankan Kurikulum merdeka secara serentak pada masing-masing satuan pendidikan.

“Kegiatan yang diikuti oleh 900 orang guru SMA/SMK dan SLB, didampingi langsung oleh masing-masing pengawas pembina yang dimulai dari tanggal 10 sampai 15 juli 2023,” kata Rahmatsah.

Dikatakannya, pelaksanaan evaluasi dan tes mengajar itu dilakukan di sekolah masing-masing dengan dinilai oleh pengawas pembina.

Rahmatsah menjelaskan, Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik.

“Oleh karena itu setiap guru harus menyesuaikan pembelajaran dengan lingkungan sekolah tempat belajar peserta didik,” ujarnya.

Lebih lanjut Rahmatsah menuturkan, kita yakin dan percaya semua guru di Aceh Timur mampu mengajar apalagi sudah memiliki sertifikat pendidik.

Namun katanya, perlu dievaluasi lagi dan mengetes kembali cara penyajian materi pembelajaran di sekolah masing-masing.

“Tujuannyan adalah membuat sekolah dan pemerintah daerah memiliki otoritas untuk mengelola sendiri pendidikan yang sesuai dengan kondisi di daerahnya masing-masing,” ucapnya.

Rahmatsah mengharapkan, semoga pembelajaran ke depan dapat terlaksana secara efektif sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Pada kesempatan itu, Rahmatsah selaku Kacabdisdik Wilayah Aceh Timur meninjau ke beberapa sekolah dengan melihat langsung cara guru mengajar.

Sementara salah seorang guru SMA Negeri Nurussalam, Nanda Saputra mengungkapkan, evaluasi dan mengetes kembali cara mengajar yang dilakukan Cabdisdik Wilayah Aceh Timur sangat positif.

“Guru di Kabupaten Aceh Timur harus mampu menerapkan pembelajaran dengan berpedoman sesuai dengan Kurikulum Merdeka,” ujar Nanda yang lebih dikenal dengan panggilan Poetra Juang.[]

Baca Juga: Disdik Aceh Gelar FGD Pembayaran Insentif PNS, Gaji Guru dan Tendik Non PNS SMK

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img