Sunday, July 14, 2024

Warga Banda Aceh Mulai Berburu Kue Kering Jelang Idul Adha

NUKILAN.id | Banda Aceh – Menjelang H-4 perayaan Idul Adha 1445 Hijriah/2024, warga Banda Aceh dan sekitarnya mulai sibuk berburu kue kering yang akan dihidangkan saat lebaran. Pusat perbelanjaan Pasar Aceh, terutama lapak yang menjual kue tradisional khas Aceh, mulai dipadati pengunjung yang antusias memilih aneka jenis kue.

Pantauan Nukilan.id pada Jumat (14/6/2024) siang menunjukkan suasana yang ramai di pasar tersebut. Para pedagang kue kering kebanjiran pembeli, dengan warga yang terlihat antusias memadati lapak-lapak demi mendapatkan kue kesukaan mereka.

Bang Boy, salah satu pedagang kue kering di Pasar Aceh, mengakui bahwa dagangannya mulai laris diburu warga sejak dua hari terakhir.

“Sejak dua hari yang lalu, pembeli mulai ramai. Saya perkirakan puncaknya akan terjadi pada H-2 lebaran, yaitu Sabtu dan Minggu ini,” ujarnya kepada Nukilan.id, Jumat (14/6/2024).

Di tengah keramaian, beberapa pembeli berbagi cerita dan pengalaman mereka kepada Nukilan.id. Salah satunya adalah Ibu Nurhayati, seorang ibu rumah tangga yang mengaku rutin membeli kue kering menjelang Idul Adha.

“Setiap tahun saya selalu membeli kue kering di sini. Rasanya enak dan harganya juga terjangkau. Anak-anak saya paling suka kue nastar dan putri salju,” tuturnya sambil tersenyum.

Lain halnya dengan Rahmat, seorang karyawan swasta yang sengaja meluangkan waktu di siang hari untuk berbelanja kue kering.

“Saya lebih suka membeli di pagi siang hari, waktu istirahat,” jelasnya.

Menurut Bang Boy, beberapa jenis kue kering yang paling diminati adalah nastar, putri salju, dan kue sagu.

“Ketiga jenis kue ini selalu habis lebih dulu. Mungkin karena rasanya yang cocok di lidah banyak orang,” tambahnya.

Suasana pasar yang semarak ini memberikan gambaran betapa lebaran Idul Adha bukan hanya tentang ibadah kurban, tetapi juga tentang tradisi dan kebersamaan keluarga yang dirayakan dengan sajian khas, termasuk kue kering.

“Kami berharap tahun ini penjualan kue kering bisa lebih baik dari tahun sebelumnya, dan semoga semua orang bisa merayakan lebaran dengan sukacita,” pungkas Bang Boy.

Dengan semakin dekatnya hari raya, antusiasme warga Banda Aceh dalam mempersiapkan segala kebutuhan lebaran, termasuk kue kering, menunjukkan betapa pentingnya tradisi ini bagi mereka. Suasana pasar yang ramai dan hangat menjadi bukti nyata bahwa kebersamaan dan kebahagiaan adalah hal yang utama dalam setiap perayaan.

Reporter: Akil Rahmatillah

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img