Thursday, September 19, 2024
1

Lestarikan Ekosistem Pesisir, PN Banda Aceh Tanam 2000 Mangrove

NUKILAN.id | Banda Aceh – Pengadilan Negeri Banda Aceh beserta jajarannya melakukan penanaman 2000 bibit mangrove dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh pada 5 Juni setiap tahunnya. Penanaman ini dilakukan di Mangrove Park, Lampulo Banda Aceh, pada Jum’at (7/6/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua PN Banda Aceh R Hendral, mengatakan penanaman bibit mangrove ini bertujuan untuk mendukung upaya pelestarian lingkungan khususnya ekosistem pesisir.

“Kegiatan ini kita rencanakan awalnya hanya 1000 bibit, tapi tadi rekan dari pemangku peduli mangrove menambah menjadi 2000 bibit,” kata Hendral kepada Nukilan usai penanaman mangrove.

Menurutnya, penanaman pohon bakau tidak hanya akan membantu dalam menjaga keberagaman hayati, tetapi juga berperan penting dalam melindungi pantai dari abrasi dan meningkatkan kualitas habitat bagi berbagai spesies laut

“Kita berharap penanaman 2000 bibit mangrove ini dapat berkembang dengan baik dan tidak banyak yang mati. Dalam 10 tahun ke depan, kawasan ini diharapkan sudah menjadi hutan mangrove yang lebat,” ujarnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh, Aliman mengatakan bahwa di Aceh terdapat 14 jenis mangrove yang hidup di wilayah pesisir. Di Mangrove Park Lampulo, 10 jenis mangrove ditanam dan diharapkan dapat tumbuh dengan baik di kawasan tersebut.

“Penanaman mangrove ini bukan hanya untuk menghijaukan kawasan pesisir, tetapi juga dapat menjadi sarana edukasi bagi anak-anak, mahasiswa, dan pihak-pihak lain yang ingin belajar tentang mangrove,” pungkasnya.

Ketua panitia kegiatan, H. Hamzah Sulaiman menjelaskan bahwa kegiatan ini di laksanakan Pengadilan Negeri Banda Aceh dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh pada 5 Juni 2024.

“Alhamdulillah, kegiatan kita hari ini berjalan dengan lancar. Penanaman mangrove ini juga bentuk komitmen kita untuk menjaga kelestarian lingkungan,” katanya

Reporter: Rezi

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img