Friday, February 3, 2023

Sejarah dan Kata Kata Mutiara Hari Kartini 21 April 2022

Nukilan.id – Hari ini, tanggal 21 April 2022, hari Kartini diperingati. Setiap tahunnya, masyarakat Indonesia akan berpartisipasi untuk memperingati hari ini.

Penetapan tanggal hari Kartini itu sendiri sesuai dengan tanggal lahir dari Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat atau lebih dikenal dengan sebutan R.A Kartini, yaitu tokoh perempuan yang memperjuangkan emansipasi wanita.

Ada beberapa ucapan yang bisa kamu ucapkan saat hari Kartini tiba. Namun, sebelum itu, kamu perlu mengetahui sejarah dari hari Kartini ini.

Sejarah Singkat Hari Kartini

R.A Kartini lahir pada tanggal 21 April 1879 di Mayong, Jepara, Jawa Tengah. Beliau lahir dari keluarga bangsawan dan juga putri dari bupati jepara saat itu, Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat dan M.A. Ngasirah.

Kartini menjalani pendidikannya di Europese Lagere School atau ELS. Saat ingin melanjutkan pendidikannya, Kartini tidak diizinkan oleh keluarganya.

Alasannya adalah karena pada masa itu perempuan hanya boleh sekolah hingga usia 12 tahun, dan setelahnya harus dinikahkan. Hal ini lah yang membuat beliau bergerak untuk memajukan pendidikan bagi perempuan di Indonesia.

Satu hal yang Ia mulai untuk memperjuangan hak perempuan dalam pendidikan adalah dengan menyampaikan pola pikirnya kepada korespondensinya yang kebanyakan berada di Belanda.

Salah satunya sahabatnya adalah Rosa Abendanon yang banyak mendukungnya. Darinya, Kartini mulai sering membaca buku dan koran Eropa tentang kemajuan berpikir perempuan Eropa.

Dari hal ini, timbulah keinginannya untuk memajukan perempuan pribumi yang saat itu memiliki status sosial yang amat rendah, terutama pentingnya pendidikan bagi perempuan. Ia juga turut menceritakan kehidupannya sebagai anak seorang bupati.

Dari langkah awal tersebut sampai seterusnya hingga terbangun ‘Sekolah Kartini’ beberapa belas tahun setelah Kartini meninggal pada 1904, perjuangan Kartini dalam emansipasi wanita berhasil hingga saat ini.

Maka itu, hari Kartini dibuat untuk mengenang perjuangan R.A Kartini dalam memajukan perempuan Indonesia.

Ucapan Hari Kartini

Setelah mengetahui sejarah singkat hari Kartini, kamu bisa memperingati hari ini dengan cara sederhana, yaitu mem-posting ucapan-ucapan hari kartini.

Berikut ini beberapa ucapan hari Kartini yang bisa kamu jadikan inspirasi:

  1. “Mati satu tumbuh seribu. Kartini memang sudah tiada, namun semgat juangnya tidak boleh padam begitu saja. Maju terus para Kartini muda. Selamat Hari Kartini.
  2. “Kami kaum putri punya jalan terang gapai mimpi hingga sederajat laki-laki berkat perjuangan Ibu Kartini. Niatnya yang baik membela kaum putri membuat namanya wangi menebar harum sejati.”
  3. “Pekerjaan paling mulia di dunia ialah pekerjaan ibu rumah tangga. Kerjanya multidisiplin ilmu, jam kerjanya tidak menentu, semuanya dilakukan tulus tanpa menggerutu, tidak digaji pun tetap setuju. Maka itulah Tuhan meletakkan surga di telapak kaki ibu. Selamat Hari Kartini.”
  4. “Selamat Hari Kartini. Untuk setiap wanita, teruslah bahagia dan menginspirasi setiap wanita.”
  5. “Tak peduli seberapa keras kamu mencoba, kamu tak akan pernah bisa menyangkal apa yang kamu rasa. Jika kamu memang berharga di mata seseorang, tak ada alasan baginya untuk mencari sesorang yang lebih baik darimu.” – R.A Kartini
  6. “Selamat Hari Kartini untuk para wanita Indonesia. Semoga para Kartini senantiasa berprestasi selalu dan penuh semangat.”
  7. “Selamat Hari Kartini untukmu dan semoga kamu menjadi wanita yang lebih baik bagi bangsa Indonesia. Buatlah Tanah Airmu bangga. Tetaplah kuat melawan segala diskriminasi yang ada.”
  8. “Terkadang kesulitan harus kamu rasakan terlebih dahulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu.” – R.A Kartini
  9. “Selamat Hari Kartini untuk seluruh wanita Indonesia. Bermimpilah setinggi langit dan jagalah selalu semangat Kartini di hatimu.”
  10. “Jangan mengeluhkan hal-hal buruk yang datang dalam hidupmu. Tuhan tak pernah memberikannya, kamulah yang membiarkannya datang.” – R.A Kartini
  11. “Selamat Hari Kartini untuk wanita perkasa yang saat ini sedang bekerja, memperjuangkan hidup demi anak-anak tercinta. Bagimu surga, semoga kamu bahagia dunia dan akhirat.”
  12. “Selamat Hari Kartini, 21 April, untuk kita semua. Momen spesial di mana kelahiran sosok wanita hebat yang menginspirasi dan menjadi simbol emansipasi wanita di Indonesia.”
  13. “Terima kasih kepada seluruh wanita hebat yang telah berjuang membangun negara ini, yang telah berjuang menafkahi keluarga, memiliki tangan besi dan semangat yang tiada habisnya. Bagi kalian, doaku teriring selalu.”
  14. “Kartini, adalah sosok yang bijak menata kehidupan, menjalani masa dengan cita dan impian supaya wanita Indonesia tak sekadar penghias, tidak sekadar pemandangan, namun juga menjadi pejuang perubahan bangsa.”
  15. “Jangan biarkan kegelapan kembali datang, jangan biarkan kaum wanita kembali diperlakukan semena-mena.” – R.A Kartini
  16. “Teruslah kamu bermimpi, teruslah untuk bermimpi, bermimpilah selama kamu bisa bermimpi! Jika tanpa mimpi, apakah jadinya hidupmu! Kehidupan yang sebenarnya sangatlah kejam. Selamat Hari Kartini.”
  17. “Terima kasih kepada sosok wanita hebat yang telah menemani hari-hariku selama ini, baik Ibu, Kakak, Adik, dan Istri tercinta. Kalian adalah sosok wanita terhebat yang pernah aku temui dan pastinya aku berharap aku bisa membuat kalian bahagia selamanya.”
  18. “Selamat Hari Kartini untuk para perempuan di hidupku. Terima kasih karena selalu menunjukkan kasih sayang dan perhatian yang luar biasa.”
  19. “Terima kasih kepada seluruh perempuan-perempuan hebat yang telah berjasa dalam hidupku. Tanpa kalian Mungkin aku tidak akan ada apa-apanya sekarang ini. Selamat Hari Kartini untuk kalian semua.”
  20. “Saat suatu hubungan berakhir, bukan berarti dua orang berhenti saling mencintai. Mereka hanya berhenti saling menyakiti.” – R.A Kartini
  21. “Hari Kartini adalah momen terbaik untuk bisa membuktikan bahwa setiap wanita memiliki potensi masing-masing jadi jangan takluk dengan rasa menyerah dan putus asa yang akan menghancurkanmu sendiri.”
  22. “Kekuatan sejati seorang perempuan bukanlah terletak pada seberapa kuat dia untuk bekerja atau menghasilkan uang, tetapi seberapa mampu dia mengatur waktu antara karier dan keluarganya.”
  23. “Selamat Hari Kartini. Jangan pernah menyakiti hati wanita Karena dari rahim seorang wanitalah kamu dilahirkan. Terima kasih kepada wanita terhebat, Ibuku, yang selalu memberi support dan doa-doanya selama ini.”
  24. “Ibu kita Kartini telah berjuang memberikan pemikiran positifnya, membangun, dan menciptakan pemikiran terbuka bagi seluruh wanita di Indonesia untuk dapat mewujudkan cita-citanya tanpa adanya diskriminasi gender.”
  25. “Selamat Hari Kartini. sosok ini adalah simbol suara bukan, hanya kaum intelektual dalam aksara. Mereka yang teguh pada diri sendiri dan kodratnya adalah Kartini yang utuh dan selaras dengan kontekstualnya.”

Sumber: Indozone

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img