Thursday, May 30, 2024

Ribuan Masyarakat Nagan Raya Antusias Mengikuti Pawai Obor

NUKILAN.id | Suka Makmue – Ribuan masyarakat di Kabupaten Nagan Raya, Aceh, dengan penuh antusias mengikuti pawai obor dan takbir keliling menggunakan mobil hias untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Hal itu terlihat usai Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas didampingi Forkopimda melepas pawai yang ditandai penyerahan obor secara simbolis kepada peserta di pintu gerbang kompleks perkantoran, Jalan Poros Utama, Suka Makmue, Selasa (9/4/2024) malam.

Dalam arahannya, Fitriany Farhas mengatakan pawai takbiran yang dilaksanakan tersebut merupakan upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya untuk mensyiarkan nilai-nilai Islam di bumi giok.

“Dengan adanya pawai ini diharapkan mampu menumbuhkan nilai-nilai Ukhuwah Islamiah dan silaturahmi sesama umat muslim khususnya di Kabupaten Nagan Raya. Mari kita laksanakan takbiran ini dengan penuh khusyuk dalam menyuarakan takbir dan menyebut Asma Allah,” ajak Fitriany.

Pj Bupati Fitriany berharap perayaan malam takbir berjalan dengan aman dan tertib. Ia mengimbau peserta pawai untuk mengikuti aturan yang telah ditetapkan dan selama di jalan tidak mengganggu ketertiban umum.

“Terima kasih juga kami ucapkan kepada pihak Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan sejumlah stakeholder terkait yang telah meluangkan waktunya bertugas menjaga penyelenggaraan pawai takbiran. Semoga ini menjadi amal ibadah di sisi Allah SWT,” pungkas Pj Bupati Fitriany Farhas.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Ardimartha dalam laporannya menjelaskan bahwa, pawai takbiran yang dilepas Pj Bupati ini diikuti oleh masyarakat dari tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Suka Makmue, Seunagan dan Kuala, serta seluruh kepala Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) dan jajarannya.

“Untuk tujuh kecamatan lainnya, pawai takbiran ini dilaksanakan di kecamatan masing-masing karena mengingat perjalanan yang lumayan jauh,” ujar Ardimartha yang juga Sekretaris Daerah.

“Peserta pawai akan mengikuti rute yang telah ditetapkan panitia, mulai dari gerbang Perkantoran Suka Makmue di Gampong Lueng Baro menuju Jeuram, Kecamatan Seunagan dan Simpang Peut Kecamatan Kuala serta terakhir, kembali lagi ke pintu gerbang Suka Makmue,” tambah Ardimartha.

Meskipun sempat diguyur hujan sebelum acara dimulai, namun tidak menyurutkan semangat para peserta untuk mengikuti pawai. Zulfikar (29), salah satu peserta, mengungkapkan kebahagiaannya bisa mengikuti pawai dan menyebarkan kegembiraan dalam menyambut malam Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Semoga tahun-tahun berikutnya akan diadakan lagi pawai takbiran seperti ini,” ungkap Fikar salah satu peserta pawai yang berasal dari Kecamatan Suka Makmue.

Editor: Akil Rahmatillah

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img