Tuesday, July 23, 2024

PT IPE Mulai Hauling Batu Bara di Aceh Barat, Dapat Dukungan Belasan Desa

NUKILAN.id | Meulaboh – PT Indonesia Pacific Energi (PT IPE) mulai menjalankan aktivitas hauling batu bara di wilayah Aceh Barat, Provinsi Aceh. Aktivitas ini mendapat dukungan dari belasan perangkat desa di daerah tersebut.

Aktivitas PT IPE dinilai memberikan manfaat signifikan bagi desa dan masyarakat di 12 desa yang tersebar di Kecamatan Meureubo, Kecamatan Kaway XVI, Kabupaten Aceh Barat, serta satu desa di Kabupaten Nagan Raya.

Dukungan ini disampaikan beberapa perwakilan ketua pemuda setelah mereka mengadakan musyawarah dengan sejumlah kepala desa pada Selasa malam (28/5/2024) lalu.

Menurut perwakilan masyarakat, aktivitas hauling batu bara PT IPE yang baru berlangsung ini memberikan dampak positif terhadap ekonomi masyarakat setempat.

“Terutama desa yang dilintasi oleh kendaraan pengangkut batu bara PT IPE,” kata Ketua Pemuda Desa Meureubo, Agus Junaidi, bersama beberapa ketua pemuda desa lainnya.

Agus menambahkan, kegiatan perusahaan ini telah menyerap tenaga kerja lokal untuk bekerja di lokasi tambang dan bidang lainnya. Kondisi ini, menurutnya, dapat membantu perekonomian masyarakat dan juga pendapatan desa.

“Saat ini, di setiap simpang jalan hauling batu bara PT IPE bisa menyerap tenaga kerja satu hingga dua orang. Dari aktivitas hauling batu bara PT IPE siang dan malam, ada 80 orang masyarakat yang bisa bekerja,” ujar Agus Junaidi.

Ia juga menambahkan bahwa berjalannya aktivitas hauling ini telah mengurangi pengangguran di Kecamatan Meureubo dan Aceh Barat umumnya.

Selain itu, perusahaan juga telah membuat kesepakatan dengan perangkat desa untuk memberikan dana kompensasi debu bagi masyarakat dan desa di sepanjang lintasan hauling batu bara.

“Direncanakan uang debu akan direalisasikan pada bulan Juni mendatang. Kompensasi ini juga bisa membantu masyarakat dan desa. Jumlah kompensasi yang disepakati adalah Rp 3 juta untuk desa dan Rp 7 juta untuk masyarakat,” jelas Agus.

Meskipun mendukung aktivitas hauling batu bara, perangkat gampong di lintasan hauling meminta perusahaan agar mematuhi SOP, terutama terkait kapasitas muatan, penyiraman jalan, dan kecepatan kendaraan.

Dengan dukungan masyarakat dan desa, diharapkan aktivitas hauling batu bara PT IPE dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi wilayah Aceh Barat.

Editor: Akil Rahmatillah

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img