Monday, July 15, 2024

Menikmati Sejuknya Pemandian Panjupian, Pesona Alam Aceh Selatan

NUKILAN.id | Tapaktuan – Aceh Selatan, daerah yang terkenal dengan sejuta pesona alam, kembali menghadirkan daya tarik wisata yang memikat. Salah satu destinasi yang patut dikunjungi adalah Pemandian Panjupian, yang lebih dikenal dengan nama asli Pemandian Putri Naga. Berada di Gampong Panjupian, Kecamatan Tapaktuan, objek wisata ini menawarkan pengalaman segar dan sejuk dari air pegunungan yang jernih dan kebiruan.

Pemandian Panjupian terletak hanya 7 km dari pusat Kota Tapak Tuan, ibu kota Kabupaten Aceh Selatan, yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar sepuluh menit berkendara. Wisatawan yang melewati jalur lintas selatan akan dengan mudah menemukan lokasi ini melalui petunjuk arah yang jelas.

Setibanya di sana, pengunjung akan disambut oleh hawa sejuk pegunungan dan kolam pemandian dengan air yang sangat jernih. Kolam ini dilengkapi berbagai fasilitas yang membuatnya ideal untuk berenang dan menyejukkan badan. Tidak heran, Pemandian Panjupian selalu dipadati pengunjung, terutama saat akhir pekan dan musim liburan. Ratusan hingga ribuan wisatawan datang untuk menikmati keindahan alam ini.

Madil, seorang warga Aceh Tengah yang tengah mengunjungi Pemandian Putri Naga, mengungkapkan kekagumannya terhadap destinasi ini.

“Pemandian ini sangat menarik untuk dikunjungi. Keren, jadi jangan sungkan-sungkan hadir ke tempat ini,” ujar Madil kepada Nukilan.id, Minggu (16/6/2024).

Ia juga menambahkan bahwa tempat ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga dan teman-teman. Dengan tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang, wisatawan dapat menikmati kesegaran air yang langsung bersumber dari mata air pegunungan.

Deby, warga Tapaktuan, menjelaskan bahwa meskipun pemandian ini seperti kolam pada umumnya, airnya yang jernih dan sejuk menjadi daya tarik utamanya.

“Namanya saja Pemandian Putri Naga, tempatnya seperti kolam pada umumnya,” kata Deby.

Deby berharap pemerintah daerah Aceh Selatan terus mengembangkan dan menjaga kelestarian destinasi wisata ini.

“Semoga kedepannya destinasi ini semakin berkembang dan terus terjaga kelestariannya. Harapan kita juga, semoga pemerintah lebih memerhatikan lagi destinasi-destinasi wisata alam yang ada di Aceh Selatan ini untuk memikat daya tarik pengunjung,” pintanya.

Bagus Ferdinan, warga Trumon, meskipun harus menempuh perjalanan selama 1,2 jam, mengaku puas dengan pengalaman di Pemandian Putri Naga.

“Untuk airnya asri, murni air pegunungan dan dingin,” kata Bagus.

Dengan kedalaman kolam sekitar 1,5 meter, tempat ini sangat layak untuk berenang, meski pengawasan orang tua diperlukan bagi anak-anak.

Pemandian Panjupian bukan hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga fasilitas penunjang seperti penjual makanan dan minuman yang dikelola oleh pihak setempat. Jadi, tunggu apa lagi? Segera rencanakan kunjungan Anda ke Pemandian Putri Naga dan nikmati pesona alam Aceh Selatan.

Reporter: Akil Rahmatillah

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img