Tuesday, June 25, 2024

Harga Cabai Merah di Pasar Al-Mahirah Melonjak Akibat Stok Berkurang

NUKILAN.id | Banda Aceh – Harga cabai merah di Pasar Al-Mahirah, Lamdingin, Banda Aceh, kembali mengalami kenaikan signifikan pada Jumat (24/5/2024). Harga yang sebelumnya berkisar di angka Rp 45.000 per kilogram, kini melonjak menjadi Rp 65.000 per kilogram.

Menurut Rozi, seorang pedagang di Pasar Al-Mahirah, kenaikan harga ini telah berlangsung selama satu pekan terakhir.

“Setiap hari harga semakin naik, bisa saja dalam sehari langsung naik Rp 5.000, misalnya dari Rp 60.000 menjadi Rp 65.000 per kilogram,” ujar Rozi kepada Nukilan.id, Jumat (24/5/2024).

Ia menjelaskan bahwa kenaikan harga cabai merah ini disebabkan oleh kurangnya pasokan dari Aceh Tengah, yang merupakan sumber utama cabai bagi para pedagang di Pasar Al-Mahirah.

“Panen cabai dari Aceh Tengah menurun, sehingga pasokan ke pasar berkurang,” tambahnya.

Kenaikan harga ini juga berdampak pada para pedagang yang semakin sulit menjual cabai karena daya beli masyarakat yang menurun. Ia berujar bahwa kalau harga sudah mencapai Rp 65.000 per kilogram, banyak pembeli yang hanya membeli dalam jumlah kecil.

“Banyak yang membeli sikit-sikit saja, seperti per ons atau seperempat kilogram, karena harganya yang tinggi,” ungkap Rozi.

Situasi ini mengakibatkan penurunan permintaan dari pembeli, sehingga pedagang harus beradaptasi dengan keadaan pasar yang dinamis. Sementara itu, para pembeli berharap agar harga cabai merah dapat kembali stabil dalam waktu dekat.

Reporter: Akil Rahmatillah

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img