Saturday, May 25, 2024

Gelar Konsolidasi Media, Panwaslih Aceh Mendorong Partisipasi Aktif Masyarakat dalam Mengawal Pilkada Serentak 2024

NUKILAN.id | Banda Aceh – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Provinsi Aceh mengajak seluruh elemen masyarakat, termasuk insan pers, lembaga swadaya masyarakat, dan pegiat pemilu untuk berpartisipasi aktif dalam mengawal Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 di Aceh.

Pernyataan ini disampaikan oleh Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat (Humas) Panwaslih Provinsi Aceh, Maitanur, dalam acara konsolidasi media yang berlangsung pada Sabtu, 23 Maret 2024, di Banda Aceh.

“Saya berharap pertemuan konsolidasi pada hari ini bukan konsolidasi yang bergerak pada tataran diskusi tapi dapat diikuti dalam sebuah kegiatan dan kerja-kerja nyata di masa depan. Sehingga peran media, lembaga-lembaga dan pegiat pemilu itu dapat teradvokasi, kita dapat berperan lebih maksimal lagi di bagian kita masing- masing,” ujarnya.

Maitanur menegaskan bahwa untuk memperkuat demokrasi, semua komponen masyarakat harus berjuang bersama dengan melakukan pengawasan partisipasi serta melakukan konsolidasi dari berbagai aktivitas dan kegiatan yang akan memperkuat lembaga masing-masing.

Ia juga mengapresiasi peran media Aceh dalam pengawalan setiap proses dan tahapan Pemilu legislatif serta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pada bulan Februari lalu. Media telah aktif dalam mengungkap kecurangan, serta memantau proses perhitungan dan pemilihan ulang di beberapa daerah, seperti Kabupaten Pidie, Pidie Jaya, Nagan Raya, dan daerah lainnya.

Maitanur berharap adanya program yang melibatkan media dalam upaya penguatan sinergi menuju pemilu berikutnya, sehingga proses pemilu tidak hanya menjadi fokus saat tahapan Pemilu dan hasilnya, tetapi juga menjadi bagian dari upaya masyarakat untuk meningkatkan partisipasi dalam proses demokrasi.

Dengan adanya dukungan aktif dari berbagai elemen masyarakat, Panwaslih Aceh optimis dapat mengawal Pilkada serentak 2024 dengan lebih baik, demi terciptanya proses pemilihan yang adil dan transparan bagi seluruh warga Aceh.

“Mudah-mudahan ke depan akan ada lagi konsolidasi untuk segenap elemen masyarakat sipil dalam rangka pengawasan terhadap jalannya pemilu ke depan,” pungkasnya.

Reporter: Akil Rahmatillah

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img