Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka Resmi Dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI

Share

NUKILAN.id | Jakarta – Dalam suasana khidmat, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia untuk periode 2024-2029. Pelantikan berlangsung dalam sidang paripurna MPR yang diadakan di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, pada hari Minggu (20/10/2024).

Amatan Nukilan.id melalui Youtube MPR RI, acara dimulai tepat pukul 10.00 WIB dengan menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, sebagai bentuk penghormatan kepada seluruh pahlawan bangsa. Ketua MPR, Ahmad Muzani, membuka sidang paripurna dengan membacakan keputusan KPU yang menegaskan hasil pemilihan umum yang telah dilaksanakan.

Ketegangan dan harapan terlihat jelas di wajah para undangan saat Prabowo dan Gibran, mengenakan setelan resmi, berdiri dari kursi mereka untuk mengucapkan sumpah jabatan. Dalam prosesi yang dihadiri oleh Presiden dan Wakil Presiden sebelumnya, Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin, Prabowo terlebih dahulu membacakan sumpah sebagai Presiden.

“Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang serta peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” ucap Prabowo dengan tegas.

Setelah itu, Gibran Rakabuming Raka juga mengucapkan sumpah dengan penuh keyakinan sebagai Wakil Presiden.

“Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang serta peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” katanya.

Usai pembacaan sumpah, acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan, yang menandai resmi dilantiknya Prabowo dan Gibran. Berita acara tersebut kemudian diserahkan oleh pimpinan MPR sebagai simbol tanggung jawab baru yang diemban oleh keduanya.

Dengan pelantikan ini, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka siap untuk memimpin Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan, dengan harapan rakyat akan semakin sejahtera dan negara semakin maju. (XRQ)

Reporter: Akil Rahmatillah

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Read more

Local News