Friday, September 20, 2024
1

Pemkab Aceh Selatan Gandeng Baznas RI untuk Kurasi Produk UMKM, Aktivis Muda Beri Apresiasi

NUKILAN.id | Tapaktuan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan melalui Baitul Mal bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia (Baznas RI) melaksanakan kurasi produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Program ini bertujuan meningkatkan daya saing produk UMKM di wilayah tersebut.

Kepala Sekretariat Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan, Gusmawi Mustafa, mengungkapkan bahwa kurasi ini melibatkan 100 UMKM binaan Baitul Mal. Produk yang dikurasi meliputi makanan dan minuman, kerajinan tangan, dan lainnya. Gusmawi menjelaskan bahwa kurasi ini meliputi aspek legalitas dan izin edar produk dari departemen yang berwenang.

Syahrul Amin, Aktivis Muda Peduli Aceh Selatan, menyambut baik inisiatif ini. Menurutnya, program kurasi produk UMKM yang dilakukan oleh Pemkab Aceh Selatan dan Baznas RI adalah langkah yang sangat positif.

“Ini tidak hanya membantu para pelaku UMKM untuk meningkatkan kualitas produk mereka, tetapi juga membuka peluang untuk menjangkau pasar yang lebih luas,” ujar Syahrul kepada Nukilan.id, Selasa (6/7/2024).

Selain kurasi, menurutnya pelatihan dan pendampingan berkelanjutan sangat penting agar UMKM bisa terus berkembang dan berdaya saing.

“Kami berharap program ini dapat diikuti dengan langkah-langkah konkrit lainnya untuk mendukung ekonomi lokal, misalnya dilakukan pelatihan dan pendampingan,” tambah Syahrul.

Namun, Syahrul juga mengingatkan pentingnya keterbukaan informasi dalam pelaksanaan kurasi ini. Ia mengatakan harus ada transparansi agar semua pelaku UMKM di Aceh Selatan mengetahui informasi mengenai program ini.

“Jangan sampai program ini hanya inklusif bagi beberapa pihak saja,” tegas Syahrul.

Menurut Syahrul, keterbukaan informasi akan membantu seluruh pelaku UMKM di Aceh Selatan untuk mendapatkan kesempatan yang sama dalam meningkatkan kualitas produk mereka.

“Transparansi adalah kunci agar program ini bisa berjalan dengan baik dan diterima oleh semua pelaku UMKM,” tutup Syahrul.

Kurasi produk UMKM yang dilakukan oleh Pemkab Aceh Selatan dan Baznas RI ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi lokal dan membantu UMKM untuk lebih berkembang dan bersaing di pasar yang lebih luas. (XRQ)

Reporter: Akil Rahmatillah

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img