Saturday, June 22, 2024

11 Amalan Hari Jumat yang Menambah Keberkahan & Kecintaan Terhadap Rasulullah

NUKILAN.id | Banda Aceh – Amalan hari Jumat apa yang seringkali sahabat lakukan? Semoga amalan-amalan kebaikan dari Rasulullah sudah diterapkan oleh sahabat. Sayang sekali jika sahabat melewatkan sunnah Rasulullah di hari Jumat yang banyak sekali keberkahannya.

Allah SWT pun menjadikan hari Jumat sebagai hari yang penuh keberkahan dan perintah shalat Jumat menunjukkan luar biasanya hari Jumat. Agar sahabat semakin mendalami amalan-amalan hari Jumat, yuk simak ulasan artikel berikut ini:

Amalan Hari Jumat yang Perlu Umat Islam Terapkan

  1. Amalan hari Jumat dengan melaksanakan mandi sebelum shalat Jumat

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘’Jika salah seorang di antara kalian menghadiri shalat Jumat, maka hendaklah ia mandi’’ (HR. Bukhari)

Amalan hari Jumat yang dianjurkan Rasulullah yaitu mandi sebelum melaksanakan shalat Jumat. Hal ini menjadi ciri khas dari Rasulullah yang selalu menjaga kebersihan. Sehingga, alangkah baiknya kita mencontoh amalan dari Rasulullah tersebut.

2. Memperbanyak memakai wewangian

Amalan hari jumat yang dilakukan oleh Rasulullah adalah memakai minyak wangi dan siwak, serta menjaga kebersihannya saat hendak shalat Jumat. Hal ini perlu dijadikan catatan agar kita senantiasa memakai parfum yang sewajarnya dan tidak berlebihan.

“Hari ini (Jumat) adalah hari raya yang dijadikan Allah SWT untuk umat Islam. Bagi siapa yang ingin melaksanakan shalat Jumat, hendaklah mandi, memakai wangi-wangian kalau ada, dan menggosok gigi (siwak)’’ (HR. Ibnu Majah).

3. Menerapkan amalan hari Jumat dengan bersiwak

Dari Abu Hurairah R.A, Rasulullah SAW bersabda, “Seandainya tidak memberatkan atas umatku atau tidak memberatkan manusia, aku pasti memerintahkan mereka untuk bersiwak bersamaan dengan setiap kali shalat.” (HR. Bukhari, no. 887)

Rasulullah sangat menganjurkan untuk bersiwak. Senantiasa kita mencontoh amalan hari Jumat ini dengan konsisten yaitu bersiwak sebelum melakukan ibadah.

4. Menggunakan pakaian yang sewajarnya

“Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus di setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebih-lebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.” (QS. Al-Araf:31)

Selain Rasulullah mengajarkan amalan untuk membersihkan diri dengan mandi, bersiwak, dan menggunakan wangi-wangian, Rasul juga senantiasa menggunakan pakaian yang sewajarnya dan tidak berlebihan. Hal ini selaras dengan Surah Al-Araf ayat 31 yang menegaskan juga bahwa Allah SWT menyukai hamba-Nya yang tidak berlebih-lebihan.

5. Bergegas berangkat shalat Jumat

‘’Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan shalat pada hari Jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.’’ (QS. Al-Jumuah: 9)

Allah telah berfirman agar kita melaksanakan shalat Jumat dan bergegas melaksanakannya. Sebagaimana Rasulullah yang seringkali mencontohkan agar bergegas lebih awal mendatangi masjid sebelum shalat Jumat. Semoga kita senantiasa konsisten menerapkan amalan hari Jumat ini.

6. Meninggalkan atau menunda jual beli terlebih dahulu

Rasulullah SAW mengajarkan agar umat Muslim menjauhi segala jenis aktivitas dunia yang sifatnya mengganggu dan menghalangi ibadah pada hari Jumat. Oleh karena itu, dianjurkan untuk meninggalkan pekerjaan atau urusan dunia sejenak agar fokus melaksanakan ibadah shalat Jumat. Hal ini sudah dijelaskan oleh Allah SWT  pada surah Al-Jumuah ayat 9 sebagai pengingat kita agar lebih fokus beribadah.

7. Memperbanyak membaca shalawat di hari Jumat

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, berselawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.” (QS. Al Ahzab: 56)

Allah SWT menganjurkan umat-Nya agar bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Sebagai hamba yang taat kepada Allah, senantiasa kita menjalankan perintah dari Allah SWT agar terus membaca shalawat kepada Rasulullah.

Sebagaimana hadits yang menjelaskan pentingnya bershalawat di hari Jumat: “Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku pada setiap hari Jumat, karena shalawat umatku disampaikan kepadaku setiap hari Jumat. Barang siapa dari kalian paling banyak membaca shalawat kepadaku, ia adalah orang yang dekat kedudukannya denganku.”

8. Amalan hari jumat dengan melakukan shalat sunnah ba’diyah Jumat

Rasulullah seringkali melaksanakan shalat sunnah dua rakaat setelah shalat Jumat. Sahabat muslim bisa menerapkannya agar senantiasa mengikuti sunnah dari Rasul dan mendapatkan keberkahan.

Dari Abdullah bin Umar, bahwa Rasulullah SAW biasa melaksanakan dua rakaat sebelum Zuhur dan dua rakaat sesudahnya, dua rakaat setelah Maghrib di rumahnya, dan dua rakaat sesudah Isya. Dan beliau tidak mengerjakan sholat setelah pelaksanaan shalat Jumat hingga beliau pulang, lalu shalat dua rakaat.”

9. Amalan hari Jumat dengan membaca surah Al-Kahfi

“Barang siapa yang membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat, akan dibentangkan baginya cahaya mulai dari bawah telapak kakinya sampai ke langit. Cahaya itu akan memancarkan sinar baginya pada hari kiamat. Dan ia akan mendapatkan ampunan dari Allah di antara dua Jumat.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih).

Membaca surah Al-Kahfi merupakan amalan hari Jumat yang seringkali kita dengar sebagai sunnah Rasulullah. Sahabat muslim bisa mengamalkannya di hari Jumat. Selain itu, membaca Surah Al-Kahfi jika dimaknai mendalam bisa menjadi reminder untuk mengingat betapa dahsyatnya hari kiamat yang akan menimpa manusia (QS. Al-Kahfi: 7). Sehingga, membaca Surah Al-Kahfi akan bermanfaat sebagai perenungan diri dan semakin mencontoh suri tauladan Rasul yang senantiasa membacanya.

10. Membaca doa dan dzikir

Rasulullah adalah sosok yang seringkali berdoa dan berdzikir. Amalan hari Jumat yang dilakukan oleh Rasulullah sudah pasti adalah menyibukkan diri dengan berdoa dan berdzikir. Kita sebagai manusia hendaknya senantiasa meminta ampun kepada Allah SWT, meminta perlindungan, dan mohon diberikan petunjuk kebenaran oleh Allah SWT.

11. Bersedekah di hari Jumat

Artinya, “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui.” (QS. Al Baqarah:261)

Rasulullah senantiasa bersedekah di hari Jumat dan mengajarkan umatnya agar senantiasa ringan tangan. Selain memperoleh pahala di sisi Allah SWT, bersedekah akan membantu fakir miskin dan membuat ketakwaan kita semakin meningkat. Kita juga akan senantiasa diberikan kelapangan dada ketika bersedekah dan menerapkan apa itu keikhlasan. Banyaknya keutamaan bersedekah sebagaimana disebutkan di atas membuat kita tidak heran jika Rasulullah gemar bersedekah.

Amalan Hari Jumat yang Tidak Boleh Dilewatkan

Berbagai amalan hari Jumat benar-benar memberikan contoh kepada kita agar mengikuti suri tauladan Rasul. Agar hidup kita senantiasa dilimpahi keberkahan, salah satu amalan hari Jumat yang sayang jika dilewatkan adalah bersedekah. Bahkan Allah SWT senantiasa akan melipatgandakan pahala jika kita bersedekah.

‘’Dan sedekah pada hari itu (Jumat) lebih mulia dibanding hari-hari selainnya’’ (H.R. Ibnu Huzaimah).

Bismillah, semoga kita senantiasa menyalurkan sedekah kita kepada orang-orang yang membutuhkan dan menyalurkannya kepada lembaga yang terpercaya seperti Dompet Dhuafa. Sahabat tidak perlu ragu untuk berdonasi sedekah Jumat melalui Dompet Dhuafa yang sudah bertahun-tahun menyalurkan dana secara amanah dan terpercaya. Klik di bawah ini untuk menyalurkan sedekah.

Editor: Akil
Sumber: Dompet Dhuafa

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img