Tuesday, April 23, 2024

Target Baru Satgas: Indonesia “Merdeka” dari Covid-19 pada 17 Agustus 2021

Nukilan.id – Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo merilis sebuah target baru yang mengejutkan banyak pihak.

Satgas telah menargetkan Indonesia dapat mengendalikan pandemi virus corona (Covid-19) pada 17 Agustus 2021 nanti, tepat pada hari peringatan kemerdekaan Indonesia ke-76 tahun.

Untuk mewujudkan target tersebut, kebijakan penanganan pandemi yang tepat dan penjagaan kepatuhan masyarakat sangat diperlukan.

“Target kita adalah pada 17 Agustus yang akan datang kita harus betul-betul terbebas dari Covid. Artinya Covid betul-betul pada posisi yang dapat dikendalikan,” kata Doni dalam rapat koordinasi yang digelar secara virtual di kanal Youtube Pusdalops BNPB, Senin (15/2), sebagaimana dilansir CNN Indonesia.

Doni mengatakan pemerintah daerah juga harus melibatkan masyarakat dalam menangani Covid-19. Menurut dia, masyarakat bisa bersama-sama mencari cara terbaik dalam menanggulangi pandemi.

Menurut Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu, semua pihak harus menyadari bahwa salah satu kunci utama dalam penanggulangan wabah Covid-19 adalah kedisiplinan dan kepatuhan warga dalam menjalani protokol kesehatan.

Oleh sebab itu, Doni meminta agar warga tetap menaati semua ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah, termasuk soal aturan-aturan dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro di Pulau Jawa yang sudah berlangsung sejak 8 Februari hingga 22 Februari mendatang.

“Lewat komando Presiden Jokowi kita lebih fokus pada pendekatan berbasis mikro, RT/RW,” ujarnya.

“Kita berharap setiap daerah yang padat penduduknya, terutama perkotaan yang memiliki pemukiman padat seperti rusun bahkan apartemen hendaknya bisa didapatkan cara terbaik bagaimana meredam kasus harian maupun aktif,” kata Doni menambahkan.

Kasus positif virus corona di Indonesia sendiri sudah mencapai 1.223.930 hingga Senin (15/2). Dari jumlah tersebut, 1.032.065 di antaranya telah sembuh dan 33.367 meninggal dunia.

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here