Thursday, September 29, 2022

Prof Mujiburrahman Dilantik Jadi Rektor UIN Ar-Raniry

Nukilan.id – Prof. Dr. Mujiburrahman, M.Ag resmi dilantik menjadi Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh periode 2022-2026 pada Kamis (28/7/2022) di Jakarta.

Ia dilantik oleh Menteri Agama Republik Indonesia (Menag RI), H. Yaqut Cholil Qoumas menggantikan Prof. Dr. H. Warul Walidin, AK, MA yang habis masa jabatannya pada 2 Juli 2022 lalu.

Dilansir uin.ar-raniry.ac.id, Prof. Dr. Mujiburrahman, M.Ag, adalah Putra asli Aceh Besar kelahiran Lambirah, Kecamatan Suka Makmur, pada 8 September 1971.

Ia merupakan Guru Besar dalam bidang Ilmu Pemikiran Pendidikan Islam, tenaga pengajar pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.

Prof Mujiburrahman meraih gelar tertinggi di perguruan tinggi tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 115594/mpk/kp/2020 Tentang Kenaikan jabatan akademik/fungsional dosen.

Dalam surat yang ditandatangani pada tanggal 19 November 2020 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, disebutkan bahwa  terhitung mulai tanggal 1 Agustus 2020 Dr. Mujiburrahman dinaikkan jabatannya menjadi Profesor/Guru Besar dalam bidang ilmu Pemikiran Pendidikan Islam dengan angka kredit sebesar 865.

Sebelum menjadi Professor, jabatan fungsional terakhir yang diraih Prof Mujiburrahman adalah Lektor Kepala kum 658,50 yang diraih pada 1 Desember 2015. Ia juga pernah menjabat Dosen dan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry.

Selain sebagai akademisi di kampus jantong hatee rakyat Aceh ini, Prof Mujiburrahman juga aktif sebagai konsultan Pusat Kajian Pendidikan dan Masyarakat (PKPM) Aceh. Dan ia juga pendiri lembaga PKPM tersebut yang selama ini fokus dalam pengembangan pendidikan dan masyarakat di Aceh. []

- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img