Wednesday, June 19, 2024

Pj Bupati Aceh Barat Paparkan Kinerja Triwulan II Tahun 2023

Nukilan.id – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Drs. Mahdi Efendi memaparkan capaian kinerjanya mulai dari aspek pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan pada Triwulan ke dua tahun 2023.

Diketahui, Pj Bupati Aceh Barat Drs. Mahdi Efendi dilantik oleh Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki pada 11 Oktober 2022.

Dalam waktu 7 bulan memimpin, Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat berhasil mewujudkan sejumlah program strategis yang memberikan dampak positif bagi masyarakat. 

Dalam kesempatan ini, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mengawali pemaparan dengan aspek pemerintahan yang terdiri dari beberapa sub-aspek.

Aspek pertama adalah kesehatan, pada sub-aspek ini, Pemkab Aceh Barat memaparkan informasi mengenai capaian anggaran kesehatan tahun 2023 yang telah mencapai 23,89%. 

Selain itu, alokasi anggaran program dan kegiatan kesehatan telah direalisasikan sebesar 23,3 miliar atau 10,12% hingga 31 Maret 2023. 

Terdapat pula informasi mengenai ketersediaan dan sebaran fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit, puskesmas, dan tenaga kesehatan di beberapa wilayah Kabupaten Aceh Barat. 

Dukungan anggaran untuk pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) juga telah mencapai 75% dari dana bagi hasil pajak rokok yang diterima. Selain itu, terdapat alokasi anggaran untuk penanganan PKK di tingkat kabupaten dan desa.

Selanjutnya, pada aspek Pendidikan, capaian anggaran pendidikan tahun 2023 telah terpenuhi sebesar 21,89%. Alokasi program dan kegiatan pendidikan juga telah direalisasikan sebesar 45,2 miliar atau 15,52% hingga 31 Maret. 

Fasilitas pendidikan yang mencakup unit PAUD, SD, dan SMP baik negeri maupun swasta telah tersedia dengan jumlah yang cukup. Terdapat juga sejumlah tenaga pendidik yang tersebar di tingkat PAUD, SD, dan SMP. Angka harapan lama sekolah juga terus meningkat menjadi 14,63 tahun.

Dalam aspek Infrastruktur, capaian anggaran infrastruktur telah mencapai 40,66%. Dana hasil pajak kendaraan bermotor tahun 2022 sebesar 6,8 miliar dialokasikan untuk pembangunan dan pemeliharaan jalan pada tahun anggaran 2023. Data mengenai status jalan di Kabupaten Aceh Barat juga disampaikan, termasuk panjang jalan yang rusak. 

Selain itu, alokasi anggaran pengelolaan persampahan, pengembangan sistem air minum, dan sistem air limbah domestik juga telah dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Pada aspek Pelayanan Publik, terdapat beberapa perbaikan yang dilakukan. Proses pelayanan perizinan mengalami percepatan dari 7 hari kerja menjadi 4 hari kerja. Informasi mengenai persyaratan perizinan juga telah ditambahkan dan transparansi dalam jenis perizinan. Kualitas petugas perizinan juga diperhatikan melalui pengaturan kompetensi agar mampu mengoperasikan teknologi informasi. 

Pelayanan perizinan juga dilengkapi dengan sistem online, sehingga masyarakat dapat mengajukan dan melacak status perizinan secara elektronik. Selain itu, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat juga mengimplementasikan program layanan satu pintu (One Stop Service) untuk memudahkan akses pelayanan publik bagi masyarakat.

Dalam aspek Ekonomi, capaian anggaran ekonomi tahun 2023 mencapai 18,75%. Pemerintah Kabupaten Aceh Barat telah mengalokasikan dana untuk pengembangan sektor pertanian, perkebunan, perikanan, dan industri kecil dan menengah. Upaya pengembangan pariwisata juga dilakukan melalui promosi destinasi wisata dan pembangunan infrastruktur pendukung.

Pada aspek Keamanan dan Ketertiban, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menjaga stabilitas keamanan melalui kerja sama dengan kepolisian dan instansi terkait. Pengawasan dan penanganan terhadap kasus kriminal juga dilakukan secara efektif untuk menjaga keamanan masyarakat.

Selanjutnya, dalam aspek Lingkungan Hidup, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat telah mengalokasikan anggaran untuk perlindungan dan pelestarian lingkungan. Program penghijauan, pengelolaan sampah, dan pengendalian polusi dilaksanakan secara aktif. Dalam upaya mitigasi bencana, terdapat peningkatan kapasitas dalam pengelolaan bencana dan sosialisasi kepada masyarakat mengenai tindakan-tindakan yang harus diambil dalam menghadapi bencana alam. [Rjf]

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img