Thursday, May 30, 2024

Peringati HUT RI ke-78, Pj Bupati Aceh Besar Ziarah dan Tabur Bunga di Makam T Nyak Arief

Nukilan.id – Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 78 Republik Indonesia, Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad, Iswanto, SSTP, MM, didampingi Pj Ketua TP PKK Aceh Besar, Cut Rezky Handayani, SIP, MM, beserta Forkopimda Aceh Besar, melakukan ziarah dan tabur bunga di Makam Pahlawan Nasional Teuku Nyak Arief, di Gampong Lamreung, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, Rabu (16/8/2023).

Ziarah kubur dan tabur bunga diikuti Forkopimda, pimpinan dan anggota DPRK Aceh Besar, TNI, Polri, Pj Ketua TP-PKK Aceh Besar Cut Rezky Handayani SIP MM, Staf Ahli Bupati, para Asisten Setdakab, kepala OPD dan Camat.

Teuku Nyak Arief adalah Pahlawan Nasional yang berasal dari Aceh, menurut sejarah ia lahir di Ulee Lheue, Banda Aceh dan meninggal di Takengon pada tahun 1946. Teuku Nyak Arief merupakan Residen/Gubernur Aceh pertama pada periode 1945 sampai 1946.

Baca Juga: Ketua KKR Aceh: Pintu Utama Perdamaian adalah Pemenuhan Hak-hak Korban Pelanggaran HAM

Pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, ia dipilih menjadi wakil pertama dari Aceh dalam Volksraad (Dewan Rakyat). Sejak 1932, ia telah memimpin gerakan di bawah tanah untuk menentang penjajahan Belanda di Aceh.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Aceh Besar juga menyerahkan bingkisan kepada ahli waris pahlawan sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Aceh Besar kepada para hali waris pahlawan nasional.

Muhammad Iswanto mengajak semua pihak untuk selalu menghormati dan menghargai jasa-jasa para pahlawan yang telah mendarmabaktikan pengabdian terbaik mereka untuk bangsa dan agama dan tanah air.

“Mari kita selalu menjadikan pahlawan sebagai teladan dalam kehidupan ini,” ajak Iswanto.

Selain itu, Iswanto juga mengajak para generasi muda untuk mengisi kemerdekaan RI dengan berbagai kegiatan yang positif dan memiliki makna kebersamaan sebagai wujud melanjutkan perjuangan para pahlawan yang telah gugur di medan perang.

“Mari kita isi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif, sebagai generasi penerus bangsa, kita semua memiliki tanggung jawab besar melanjutkan perjuangan para pahlawan meskipun tidak lagi dengan senjata,” pungkasnya.

Rangkaian peringatan HUT ke 78 RI tahun 2023 akan dilanjutkan dengan upacara bendera pada esok hari di Lapangan Bungong Jeumpa, Kota Jantho. []

Baca Juga: Teuku Kemal Fasya: Momentum 18 Tahun Perdamaian Aceh Belum Disambut Inisiatif Konkret di Tingkat Lokal

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img