Thursday, May 30, 2024

Peringatan Dini Cuaca Aceh: Potensi Hujan Lebat dan Bencana Hidrometeorologi

NUKILAN.id | Banda Aceh – Stasiun Meteorologi Kelas I SIM Banda Aceh mengeluarkan peringatan dini terkait kondisi cuaca di sebagian wilayah Aceh yang berpotensi mengalami hujan lebat serta potensi bencana hidrometeorologi. Peringatan ini berlaku mulai tanggal 11 hingga 13 April 2024.

Menurut prakirawan Stasiun Meteorologi, terpantau adanya daerah konvergensi angin di sejumlah wilayah Aceh. Selain itu, suhu permukaan laut yang hangat juga meningkatkan potensi penguapan di Samudra Hindia Barat Aceh. Kondisi tersebut dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sebagian besar wilayah Aceh.

Pada tanggal 11 April 2024, wilayah Aceh Selatan, Aceh Singkil, Aceh Tenggara, Gayo Lues, dan Subulussalam berpotensi mengalami hujan lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang.

Sementara itu, pada tanggal 12 April 2024, wilayah Simeuleu menjadi tambahan daerah yang diwaspadai akan cuaca ekstrem.

Pada tanggal 13 April 2024, potensi hujan lebat menyebar ke beberapa wilayah, termasuk Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Aceh Jaya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Aceh Tenggara, Gayo Lues, dan Subulussalam.

Masyarakat di wilayah-wilayah tersebut diimbau untuk mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, angin kencang, dan lainnya akibat hujan lebat yang terus menerus maupun dengan durasi lama.

Stasiun Meteorologi Kelas I SIM Banda Aceh mengingatkan agar selalu memperhatikan perkembangan cuaca melalui sumber resmi yang terpercaya, serta mengikuti arahan dari pihak berwenang dalam menghadapi potensi bencana.

Demikianlah informasi peringatan dini cuaca Aceh yang dapat kami sampaikan. Semoga masyarakat dapat tetap waspada dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan dalam menghadapi kondisi cuaca ekstrem.

Reporter: Akil Rahmatillah

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img