Sunday, July 14, 2024

Kakanwil Kemenag Aceh Sampaikan Pentingnya Pengetahuan Hilal di SLH Aceh

NUKILAN.id | Banda Aceh – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Drs. H. Azhari, M.Si., memberikan sambutan dan pengarahan pada Kegiatan Sekolah Lapang Hilal (SLH) Aceh, Selasa, 9 Juli 2024. Acara tersebut berlangsung di Auditorium Prof. Ali Hasjmy, UIN Ar-Raniry, Kopelma Banda Aceh.

Dalam sambutannya, Kakanwil Azhari menekankan pentingnya pengetahuan tentang hilal serta program Kemenag terkait hisab rukyat dan kebijakannya.

“Pemahaman tentang hilal sangat penting, terutama dalam penentuan awal bulan Hijriah yang akurat dan tepat,” ujarnya.

SLH Aceh, yang diinisiasi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), merupakan kegiatan pertama di Aceh yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam pengamatan hilal. Dalam acara ini, Kakanwil juga memaparkan peran Observatorium Teungku Chiek Pante Kulu Lhoknga dalam pengamatan hilal.

Dengan tema “Menuju Masyarakat Bersahabat dengan Rukyat Hilal”, Kakanwil Azhari berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat, khususnya di kalangan akademisi, mengenai tata cara rukyat hilal yang benar. Ia juga menambahkan bahwa dukungan fasilitas dari Kemenag serta partisipasi dosen, mahasiswa, dan mitra kerja sangat penting dalam menyukseskan kegiatan ini.

“Kami berharap melalui kegiatan SLH, masyarakat Aceh akan semakin memahami dan bersahabat dengan rukyat hilal. Ini tentunya akan berdampak positif pada penentuan awal bulan Hijriah yang lebih tepat dan akurat,” tutur Azhari menyemangati peserta.

Acara ini juga menjadi ajang untuk memperkenalkan kiprah jajaran Kementerian Agama Aceh dalam bidang hisab rukyat serta meningkatkan sinergi dengan berbagai pihak terkait. Dengan demikian, diharapkan akan tercipta masyarakat yang lebih berpengetahuan dan bersahabat dengan pengamatan hilal.

Editor: Akil

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img