Friday, June 14, 2024

Jokowi Minta Dukungan Kanada Sukseskan Pembangunan IKN

Nukilan.id – Perdana Menteri (PM) Kanada, Justin Trudeau bertemu dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo membahas mengenai kerjasama ekonomi kedua negara terkait realisasi investasi di pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) provinsi Kalimantan Timur yang berlangsung di Hotel Rihga Royal, Hiroshima, Jepang pada Sabtu (20/5/2023).

Presiden Joko Widodo menyampaikan, pada saat melakukan pertemuan tersebut, dirinya meminta dukungan penuh dari negara-negara yang menjadi anggota G7. Adapun salah satu negara itu yakni Kanada melalui PM Justin Trudeau.

“Mohon dukungan Yang Mulia terkait penyelesaian perjanjian Indonesia-Kanada CEPA, realisasi investasi Pension Funds Kanada yang fokus di pembangunan Ibu Kota Nusantara, pembangunan mekanisme pendanaan untuk feasibility study bagi proyek greenfield di Indonesia,” ucap orang nomor satu di Indonesia itu saat konferensi pers di Sekretariat Presiden, Sabtu (20/5/2023).

Jokowi mengatakan, seluruh negara anggota G7 mengapresiasi dan mendukung pembangunan IKN salah satunya Kanada dalam hal transisi energi Indonesia.

“Saya harap dukungan dana USD 20 miliar dapat segera direalisasikan tapi tidak dalam bentuk utang,” kata dia.

Selanjutnya, ia berharap, agar nantinya ada percepatan realisasi pengembangan bandara hijau yang berlokasi di Kalimantan Utara. Dirinya mengingikan bisa terbentuk hubungan bilateral yang lebih cepat guna mempercepat proses pembangunan IKN beberapa waktu kedepan. [Liputan6.com]

Baca Juga: Jokowi Akan Lantik Dito Ariotedjo Sebagai Menpora Baru

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img