Tuesday, July 23, 2024

Dispora Gandeng Perbankan Nasional untuk Permudah Layanan Keuangan di PON Aceh-Sumut

NUKILAN.id | Banda Aceh – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Aceh, M Nasir Syamaun, mengungkapkan bahwa pihaknya telah menjalin kerja sama dengan sejumlah bank nasional untuk memastikan kelancaran layanan keuangan selama penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIV di Aceh dan Sumatera Utara.

Nasir menjelaskan, kerja sama ini dilakukan untuk memudahkan peserta PON dalam bertransaksi keuangan.

“Kami berkoordinasi dengan seluruh bank di Aceh untuk menyiapkan ATM dan fasilitas lain yang memudahkan peserta bertransaksi keuangan,” ujar Nasir, Selasa (18/6/2024).

Langkah ini diambil mengingat banyak kontingen yang baru menerima uang saku saat tiba di lokasi acara.

“Bagi atlet, pelatih, atau official yang tidak ingin repot dengan uang tunai, mereka membutuhkan layanan setor tunai untuk menyimpan atau mengirim uang mereka,” tambah Nasir.

Bank Syariah Indonesia dan Bank Aceh telah berjanji untuk menyediakan layanan tambahan di sekitar gelanggang pertandingan dan penginapan atlet.

Acara pembukaan PON Aceh-Sumut dijadwalkan digelar di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh. Nasir memperkirakan sekitar 20 ribu orang akan hadir pada acara pembukaan sebelum menyebar ke 10 kabupaten-kota tempat pertandingan berlangsung.

Panitia PON Aceh telah memetakan lokasi akomodasi untuk para atlet dan ofisial.

“Persiapan penginapan sudah rampung 95 persen. Kami tinggal menunggu kerja sama dengan penyedia akomodasi,” jelas Nasir.

Dispora Aceh juga memastikan ketersediaan konsumsi bagi para atlet sesuai dengan standar, yakni 4.000-4.500 kalori per hari. Meski terdapat kendala dalam perhitungan biaya, Nasir optimistis masalah ini akan segera terselesaikan.

“Kemenpora membantu mengeluarkan peraturan Menteri Keuangan tentang standar biaya makan. Kami juga berkoordinasi dengan Inspektorat Aceh dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan dalam menghitung biaya makan atlet selama PON,” kata Nasir.

Selain itu, Aceh juga mendapatkan bantuan 308 bus medium dari Pemerintah Pusat untuk mengangkut atlet dari penginapan ke lokasi pertandingan. Kementerian Kominfo juga menyediakan bantuan media center untuk mendukung peliputan acara.

Bidang pertandingan telah merampungkan jadwal pertandingan. Nasir yakin persiapan yang matang akan berbuah hasil positif.

“Saya juga yakin Aceh bakal masuk 10 besar PON kali ini, lebih baik dari pencapaian di PON Papua,” pungkas Nasir.

Dengan berbagai persiapan yang telah dilakukan, Nasir berharap penyelenggaraan PON XIV Aceh-Sumut akan berjalan lancar dan memberikan pengalaman terbaik bagi seluruh peserta.

Editor: Akil Rahmatillah

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img