Tuesday, June 25, 2024

Diskominsa Aceh Perkuat Keamanan Ruang Digital Bersih dari Hoaks Melalui IMA dan ISA

Nukilan.id – Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominsa) Aceh Bekerjasama dengan PT Indonesia indikator menggelar pelatihan peningkatan kapasitas pengelolaan inteligence media analytics (IMA) dan inteligeny sosial analysis (ISA) di ruang rapat Kominsa Aceh, Kamis (19/1/2023).

Pelatihan tersebut dalam rangka peningkatan kapasitas di dinas Kominsa Aceh dalam pengelolaan inteligence media analytics (IMA) dan inteligeny sosial analysis (ISA).

Kepala Bidang Layanan E-Government Diskominsa Aceh, Hendri Dermawan mengatakan, tujuan dari pada inteligence media analytics (IMA) dan inteligeny sosial analysis sebagai upaya mengantisipasi atau diteksi dini isu atau opini apa yang sedang berkembang ke masyarakat dalam dunia digital.

“Jadi dengan banyaknya masyarakat Aceh bermain di dunia digital, Maka isu, opini atau pun kabar Hoax yang sedang berkembang di masyarakat Aceh atau nasional terhadap pemerintah Aceh maka perlu kita pantau sebagai langkah preventif,” jelasnya.

Sebagai contoh kata Hendri, misalnya isu tentang kelangkaan BBM di Aceh, sedangkan instansi terkait tidak memantau isu tersebut atau tak memberi jawaban terhadap berbagai pemberitaan yang telah beredar. Maka Diskominsa yang diberi tugas untuk membantu menyahuti informasi tersebut dengan menyampaikan informasi itu kepada instansi terkait.

“Jadi lebih ke arah mengantisipasi atau diteksi dini isu apa yang sedang berkembang ke masyarakat. Pun demikian terhadap isu hoax yang harus segera di klarifikasi dalam rangka mengantisipasi dan mendeteksi dini. Makanya pengelolaan inteligence media analytics dan inteligeny sosial analysis sangat penting bagi pemerintah Aceh kemudian untuk di diskusikan ke tingkat pimpinan,” jelasnya. []

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img