Wednesday, December 7, 2022

Dipimpin Abuya Syekh H Amran Waly, Ribuan Jama’ah Ikuti Zikir Akbar Rateb Siribee

Nukilan.id – Ribuan masyarakat dari seluruh penjuru Aceh sangat antusias mengikuti acara zikir akbar rateb siribee untuk bangsa bersama Majelis Pengkajian Tauhid Tasawuf Indonesia (MPTT-I) di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Minggu (28/8/2022) malam.

Acara yang mengangkat tema “Bangun untuk Allah” ini dilaksanakan dalam rangka momentum HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun. Acara zikir akbar rateb siribee ini dipimpin langsung pendiri MPTT-I, Abuya Syekh H. Amran Waly Al-Khalidi.

Terlihat sejak pukul 19.30 WIB, jama’ah mulai berdatangan memadati Masjid Raya Baiturrahman. Kemudian, setelah shalat isya berjamaah acara Zikir Akbar ini diawali dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan salah seorang Qori terbaik di Aceh yaitu, Tgk. Fayyad Autami.

Memasuki puncak acara, Abuya Syeck H. Amran Wali Al-Khalidi berkesempatan memberi tausiah dan bimbingan tauhid tasawuf kepada seluruh jama’ah yang telah hadir dalam acara Zikir Akbar tersebut.

Abuya mengajak seluruh jama’ah maupun masyarakat Aceh untuk selalu hudhur hati kepada Allah dengan cara berzikir supaya terlepas sangkutan hati dari selain Allah SWT.

“Bagi mereka yang senantiasa mengamalkan zikir maka meningkatlah imannya, hilanglah kenifakan dan cinta dunia di dalam batin sehingga terciptalah akhlak mulia,” ucapnya.

Kajian ilmu tauhid tasawuf atau ilmu hakikat telah lama ditinggalkan dan disalahpahami selama ini. Sehingga penyampaian lugas dan sederhana oleh dari Abuya Syekh H. Amran Waly Al-Khalidi ini telah memberi pemahaman yang amat bermanfaat bagi seluruh Jama’ah. Para jama’ah tampak sangat antusias dan khusuk mendengar kajian sejuk dan menyentuh qalbu ini.

Kemudian, setelah kajian tersebut dilanjutkan dengan lantunan zikir Rateb Siribe, jamaah yang tumpah ruah keluar mesjid larut dalam zikir yang dipimpin Abu Yusri Bitai.

Acara zikir akbar ini turut hadiri, Penjabat (Pj) Walikota Banda Aceh Bakri Siddiq, Bupati Aceh Barat Ramli MS, Wakabintal Kodam IM, staf Kajati Aceh, kepala UPTD Mesjid Raya Baiturrahman di bawah Dinas Syariat Islam dan sejumlah tamu istimewa lainnya.

Untuk diketatui, Zikir Rateb Siribe adalah agenda rutin setiap malam Senin di Masjid Raya Baiturrahman dan telah berlangsung dari tahun 2017 dan sempat absen beberapa saat selama pandemi Covid-19.

Reporter: Reji

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img