Wednesday, December 7, 2022

Dinas Aceh ESDM Fasilitasi Mahasiswa MBKM USK Dalam Eksplorasi Seismik PT PGE

Nukilan.id – Dalam rangka memperkaya wawasan dan pengalaman mahasiswa di lapangan, Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Aceh memfasilitasi Mahasiswa Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Program Studi Teknik Geologi (PSTGL) Universitas Syiah Kuala (USK) untuk mengikuti kegiatan eksplorasi seismik yang dilaksanakan oleh PT. Pema Global Energi (PGE) dan PT. Gelombang Seismik Indonesia (GSI) di Aceh Utara.

Diketahui, kebijakan MBKM diluncurkan oleh Nadiem A. Makarim, BA, MBA Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada tahun 2020 lalu.

Kegiatan MBKM ini bertujuan untuk memberikan hak bagi mahasiswa untuk belajar di luar prodi dapat berupa magang atau kerja praktek di instansi pemerintah, industri atau organisasi. Sehingga dapat meningkatkan kompetensi lulusan baik soft sklill maupun hard skill.

Adapun mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini sebanyak tujuh orang yaitu Misbahul Ummy, M. Faris, Ary Juniansyah, Putri Zawil Marhammah, Riski Dinda Rahayu, Nadia Anjani dan Dinda Khalisah.

Mahasiswa mengikuti kegiatan di lapangan bersama PT. Pema Global Energi dan PT. Gelombang Seismik Indonesia (GSI). Foto: Ist

Kepala Dinas ESDM Aceh Ir. MAHDINUR, MM mengatakan, para mahasiswa tersebut diberikan pengetahuan yang cukup terkait mata kuliah-mata kuliah ekivalensi MBKM yang diikuti khususnya pada bidang minyak dan gas bumi.

Untuk mata kuliah yang berkenaan geologi ekonomi mahasiswa berkesempatan mengkikuti proses evaluas tender Wilayah Kerja Melaboh dan Wilayah Kerja Singki.

“Mahasiswa diberikan tugas-tugas berkenaan mata kuliah ekivalensi dan kemudian diminta untuk mempresentasikannya. Presentasi yang disampaikan terkait kimia air tanah dengan meggunakan diagram Piper dan diagram stiff,” kata Mahdinur di Banda Aceh, Kamis (24/11/2022).

Mahdinur menyampaikan, Dinas ESDM Aceh memaparkan kepada mahasiswa stratigrafi dan litologi pada wilayah prospek Arun Overburden (AOB) dan Rayeu berdasarkan data sumur migas sebagai pemahaman awal mahasiswa sebelum melaksanakan praktek lapangan eksplorai seismik 3D di Wilayah Kerja PT. Pema Global Energi.

“Mahasiswa juga diberikan pengetahuan tentang potensi ‘over pressure’ di North Sumaera Basin yang dapat menjadi kendala pada saat pemboran dilakukan,” ujarnya.

Kegiatan MBKM dilaksanakan mulai tanggal 14 November 2022 selama 2 minggu. Kegiatan ini diikuti terdiri dari survei seismik, kehumasan, pengukuran topografi, bridging, teori dan desain 3D serta pengenalan alat recording juga pengenalan vibroseis dan teori processing.

“Dinas ESDM juga memberi kesempatan bagi mahasiswa mengunjugi Cluster-IV PT. PGE yang merupakan pusat pemprosesan gas dan kondensat dari cluster-cluster lain dilakukan sebelum di kirim ke Poin B di Kota Lhokseumawe,” pungkas Mahdinur. []

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img