Thursday, September 29, 2022

BMKG: Sebagian Indonesia Hujan, Suhu Terpanas di Banda Aceh

Nukilan.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca untuk Senin, 18 Juli 2022, dengan sebagian wilayah Indonesia dilanda hujan.

Ibu kota provinsi yang diperkirakan dilanda hujan disertai petir pada hari Senin adalah Banjarmasin dan Ternate. Hujan skala sedang kemungkinan terjadi di Ambon.

Hujan skala ringan kemungkinan terjadi di Serang, Gorontalo, Bandung, Palangkaraya, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Jayapura, Manokwari, Mamuju, Kendari, Manado dan Palembang.

BMKG memantau adanya sirkulasi siklonik di Samudra Hindia barat Sumatra, Kalimantan, dan Samudra Pasifik utara Papua yang membentuk daerah konvergensi di Samudra Hindia barat Banten, Kalimantan bagian utara, dari Papua Nugini hingga Papua bagian tengah, dari Papua hingga Samudra Pasifik utara Papua, Samudra Pasifik utara Papua Barat-Papua, dan Maluku.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang di Laut Andaman, Aceh, dari Vietnam hingga Laut Cina Selatan, Laut Cina Selatan, Laut Jawa, pesisir utara Jawa Timur-Jawa Tengah, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Tengah, Sulawesi bagian tengah, dan dari Laut Maluku hingga Laut Sulawesi.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan peningkatan tinggi gelombang di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Suhu berkisar 18-34°C dengan suhu terendah di Bandung dan tertinggi di Banda Aceh. [Tempo]

- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img