Sunday, July 14, 2024

Bertajuk Pariwisata Khazanah Piasan Nanggroe Tahun 2023

Nukilan.id – Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh meluncurkan kalender event pariwisata bertajuk Khazanah Piasan Nanggroe (KPN) tahun 2023 berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada Selasa, (28/2/23).

Kalender tahun ini menampilkan 76 event kebudayaan dan wisata diberbagai termpat di Provinsi Aceh dan luar Aceh. Event ini merupakan kolaborasi Pemerintah Aceh dengan pemerintah seluruh Kabupaten/Kota di Aceh serta instansi lainnya yang terkait.

Tujuan digelarnya event ini adalah untuk menarik minat wisatawan local maupun mancanegara untuk datang ke Aceh sekaligus mempromosikan setiap kebudayaan dan pariwisata yang ada di Provinsi Aceh.

Konsep rangkaian kegiatan KPN tahun ini menampilkan suasana Gampong Aceh di mulai dengan atraksi teatrikal masyarakat Aceh zaman dulu, videografi Wonderful Aceh dan berbagai spot wisata yang dapat dikunjungi di Aceh. Selain teatrikal, disbudpar Aceh juga adakan kegiatan kenduri kuah belangong yakni salah satu makanan khas Aceh sebagai salah satu bentuk silaturahmi warga Aceh di Jakarta dan sekalian promosi makanan khas ini yang merupakan salah satu event tahunan Disbudpar Aceh yakni Aceh Culinary Festival (ACF).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno mengatakan peluncuran Khazanah Piasan Nanggroe (KPNN) ini dapat meningkatkan wisatawan nusantara maupun mancanegara untuk datang ke Aceh serta berdampak positif kepada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Pj Gubernur Melalui Kepala DInas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Aceh, Muhammad Adam menyampaika Pemerintah Aceh bersama Disbudpar Aceh akan beruapaya memperkenalkan kebudayaan dan wisata Aceh. Selain itu, dalam peta budaya dan wisaya Aceh bermakna yang lexical (berhubungan) juga disebut piasan atau perhiasan yang memiliki makna keramatikal berarti penampilan, pertujukan atau hiburan bagi khalayak.

“kami dari tanah endatu memutuskan untuk All Out dalam memperkenal budaya, wisata dan juga tradisi Aceh bahkan membawa suasana desa khas Aceh ke ibu kota negaraa agar saudara-saudara sebangsa dan setanah air dapat mengenal kebudayaan dan perantau Aceh yang ada di Jakarta,”ungkapnya.

Ia juga mengatakan terdapat tiga event Disbudpar Aceh yang menempati Top Event Nasional Menparekraf RI tahun 2023 terdiri dari Sabang Marine Festival, Aceh Ramadhan Festival dan Aceh Culinary Festival (ACF).

“sejauh ini ada tiga event yang masuk dalam Top Event Nasional Menparekraf RI untuk tahun 2023 seperti Sabang Marine Festival, Aceh Ramadhan Festival dan Aceh Culinary Festival,”ucap Muhammad Adam.

Di sisi lain, pada pelaksaaan kegiatan KPN kali ini terlihat antusias tamu undangan yang turut hadir di kegiatan ini seperti Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekhnologi (Kemendikbudristek), Nadiem Makarim, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiagar Uno, kepala daerah seluruh Kabupaten/Kota se-Aceh, anggota DPR dan DPD RI dapil Aceh serta sejumlah masyarakat Aceh yang tinggal di Jakarta.[]

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img