Monday, June 17, 2024

Batik, Wayang dan Klepon Meriahkan Festival Musim Semi di Kampus Turki

NUKILAN.id | ​Ankara – Batik, wayang dan klepon meriahkan festival musim semi di kampus OSTIM Technical University di Ankara, Turki (14/5). Sekitar 1000 orang memadati festival musim semi tahunan yang digelar di kawasan industri terpadu, OSTIM, yang merupakan salah satu kawasan industri terbesar dan terkemuka di Turki. Pengunjung festival yang mayoritas kalangan muda Turki kagum dengan batik dan wayang. Pengunjung juga menyukai jajanan klepon yang sajikan pada event tersebut.

Kalangan muda Turki, meskipun jumlahnya kurang dari 10% dari populasi Turki, merupakan segmen masyarakat yang cukup terbuka. Berbeda dengan kalangan settled yang berumur, kalangan muda Turki tertarik untuk berwisata dan berpetualang ke berbagai negara yang jauh dari Turki.

“Saya memiliki teman Indonesia di sini. Saya mengenal orang Indonesia sebagai orang yang ramah” ungkap Pelin Hatipoglu, salah satu pengunjung festival. Pengunjung lainnya, Dogukan Unal, ungkapkan mengenal Indonesia sebagai negara dengan ribuan pulau. Unal juga mengetahui tentang keindahan Bali sebagai destinasi honeymoon kenamaan selain Maldives.

Menurut Badan Statistik Turki (TUIK), alasan warga Turki bepergian ke luar negeri adalah untuk kegiatan kebudayaan dan olahraga, kunjungan bisnis dan kunjungan keluarga. Objek wisata yang menjadi favorit warga Turki adalah alam, pantai, hutan dan gunung. Kedekatan jarak, hubungan sejarah / kesamaan budaya, keberadaan diaspora yang besar serta kebijakan bebas visa menjadi faktor pendorong WN Turki berwisata ke luar negeri.

Negara yang paling banyak dikunjungi oleh warga Turki relatif di seputaran kawasan seperti Georgia, Bulgaria dan Yunani. Alasan Georgia menjadi destinasi favorit dikarenakan jarak dekat dengan Turki, bebas visa, memiliki kebudayaan dan kekayaan alam yang beragam (laut, gunung, hutan) serta keramahan masyarakat Georgia. Adapun alasan Bulgaria menjadi destinasi favorit kedua adalah tingginya hubungan sejarah dan banyaknya diaspora Turki di Bulgaria sejak zaman Ottoman. Sementara itu, Yunani merupakan negara terdekat Turki dan memiliki kedekatan emosional serta kesamaan budaya.

Partisipasi KBRI pada festival ini diharapkan dapat mengenalkan kuliner dan pariwisata Indonesia kepada generasi muda Turki.

Editor: Akil Rahmatillah

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img