Tuesday, April 23, 2024

Aceh Besar dan Aceh Tamiang Jalin Kerjasama Pengendalian Infalasi

Nukilan.id – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto  melakukan penandatanganan Kesepakatan Antar Daerah (KAD) dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, Minggu (25/2/2024). Kerjasama ini diharapkan dapat membantu pengendalian inflasi di daerah tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Aceh Besar mengatakan bahwa kerjasama antar daerah menjadi strategi penting untuk memberikan dukungan potensial antar daerah yang saling menguntungkan. 

Dia menyoroti keberadaan Kuala Simpang, daerah Aceh yang dekat dengan Kota Besar Sumatera Utara, sebagai peluang kerjasama dalam distribusi barang untuk membantu Aceh Besar.

Iswanto meneybutkan, Aceh Besar memiliki Pasar Induk Lambaro yang memenuhi kebutuhan pangan untuk tiga daerah sekitarnya, yaitu Kota Banda Aceh, Sabang, dan Aceh Jaya. 

Pasar tersebut menjadi penopang pangan untuk pasar-pasar di sekitarnya, seperti Al Mahirah Banda Aceh, Sabang, dan Aceh Jaya.

Lebih lanjut, kata dia, Aceh Besar juga telah mencapai swasembada pangan atau gabah. Dia berharap setelah penandatanganan ini, dapat diatur sub-sub kerjasama untuk mendukung Aceh Tamiang di bidang swasembada pangan.

“Sebagai daerah swasembada pangan, setelah MoU ini diharapkan bisa diatur sub-sub kerjasama untuk mendukung Aceh Tamiang di bidang pangan,” ujar Iswanto.

Pj Bupati Aceh Besar juga menyebutkan bahwa dengan dukungan Kementerian Perdagangan dan Pj Gubernur Aceh, Pasar Induk Lambaro sedang mengalami perluasan pembangunan untuk pembenahan dan penataan lingkungan agar lebih terorganisir dan tertib.

“Kita harapkan setelah ini tuntas, Pasar Induk Lambaro akan lebih tertib dan bisa menampung pasokan berbagai keperluan lebih besar lagi,” tambahnya.

Sementara itu, Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang, Muslizar, menyatakan dukungannya terhadap kerjasama ini. Dia optimis bahwa kerjasama antara kedua daerah akan memberikan manfaat bagi masyarakat di keduanya. []

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img