Friday, September 20, 2024
1

Haji Uma Bantu Pulangkan PMI Asal Aceh yang Kecelakaan di Malaysia

NUKILAN.id | Banda Aceh – Anggota DPD RI asal Aceh, Haji Sudirman yang dikenal sebagai Haji Uma, kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap warga Aceh di luar negeri. Kali ini, ia membantu pemulangan Muslem (42), seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Aceh Utara, yang mengalami kecelakaan di Malaysia.

Muslem, yang merupakan warga Gampong Ceumeucet, Kecamatan Pirak Timu, Aceh Utara, sudah berada di Malaysia selama enam tahun dan bekerja sebagai buruh bangunan. Namun, kecelakaan yang dialaminya saat bekerja setahun lalu membuatnya tidak bisa bekerja lagi. Muslem harus menjalani perawatan medis di Malaysia, tetapi pengobatannya terhenti karena ketiadaan biaya.

Mengetahui kondisi ini, keluarga Muslem kemudian menghubungi Abu Saba, staf khusus Haji Uma yang bertugas di Malaysia. Abu Saba segera melakukan pengecekan terhadap kondisi Muslem dan berkoordinasi untuk membantu proses pemulangannya ke Aceh agar bisa melanjutkan pengobatan di kampung halaman.

“Setelah memastikan kondisinya, kami segera mengurus administrasi dan persiapan kepulangan Muslem. Biaya tiket penerbangan ditanggung oleh Haji Uma, sementara biaya administrasi imigrasi dibantu oleh pihak keluarga,” ujar Abu Saba, Rabu (18/9/2024).

Muslem dan saudaranya, Mariani, berhasil diterbangkan ke Indonesia melalui Bandara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara. Mereka akan melanjutkan perjalanan menuju Aceh Utara untuk berkumpul kembali dengan keluarga.

“Alhamdulillah, berkat dukungan banyak pihak, Muslem dan istrinya bisa kembali ke Aceh. Semoga ia segera pulih dan bisa menjalani kehidupan seperti sedia kala,” kata Haji Uma.

Keluarga Muslem pun menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada Haji Uma dan Abu Saba.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Haji Uma yang telah membantu kami sehingga Muslem bisa kembali ke kampung halaman,” ujar pihak keluarga.

Kepedulian Haji Uma terhadap nasib warga Aceh di luar negeri bukan pertama kali terjadi. Ia dikenal aktif membantu para pekerja migran Aceh yang mengalami kesulitan, baik dalam hal hukum maupun kesehatan di negara tempat mereka bekerja.

Editor: Akil

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img