Polda Aceh Gelar Operasi Patuh Seulawah 2024, 700 Personel Diterjunkan

Share

NUKILAN.id | Banda Aceh – Kepolisian Daerah (Polda) Aceh menggelar Operasi Patuh Seulawah 2024 selama 14 hari, mulai tanggal 15 hingga 28 Juli. Operasi ini melibatkan berbagai instansi terkait, seperti TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan Aceh, dan Jasa Raharja. Sebanyak 700 personel diterjunkan dalam operasi ini, terdiri dari 130 personel Polda dan 570 personel instansi terkait.

Kapolda Aceh, Irjen Pol Achmad Kartiko, dalam upacara gelar pasukan di Polda Aceh, Senin (15/7/2024), menyatakan bahwa operasi ini diawali dengan sosialisasi melalui pemasangan spanduk di titik-titik strategis.

“Direktorat Lalu Lintas Polda Aceh dan Satlantas jajaran akan mengedepankan tindakan preemtif, preventif, dan penegakan hukum lalu lintas dengan fokus pada potensi kemacetan, pelanggaran, dan kecelakaan lalu lintas. Semua dilakukan sesuai SOP, dengan pendekatan simpatik, humanis, dan profesional,” kata Achmad Kartiko.

Tema Operasi Patuh Seulawah 2024 adalah “Tertib Berlalu Lintas Demi Terwujudnya Indonesia Emas.” Target operasi ini adalah menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan, dan fatalitas lalu lintas, serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Data dari Integrated Road Safety Management System (IRSMS) menunjukkan bahwa periode Januari hingga Juni 2024 telah terjadi 1.974 kasus kecelakaan lalu lintas di Aceh. Korban meninggal dunia sebanyak 340 orang, luka berat 121 orang, dan luka ringan 2.895 orang, dengan kerugian materiil mencapai Rp5,3 miliar.

Kapolda Aceh menyebutkan tujuh pelanggaran prioritas dalam Operasi Patuh Seulawah ini, yaitu pengemudi yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengemudi di bawah umur, pengendara motor yang berboncengan lebih dari satu orang, pengendara motor tanpa helm SNI, dan pengemudi yang tidak memakai sabuk pengaman. Selain itu, operasi ini juga menargetkan pengemudi yang mengonsumsi alkohol, melawan arus, serta melebihi batas kecepatan.

Operasi Patuh Seulawah 2024 diharapkan dapat menciptakan kondisi lalu lintas yang lebih tertib dan aman di Aceh, sejalan dengan upaya mewujudkan Indonesia Emas. Masyarakat diimbau untuk mematuhi aturan lalu lintas demi keselamatan bersama.

Editor: Akil

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Read more

Local News