Kadis ESDM Aceh Lakukan Peusijuek Pengeboran Sumur A-55 Aceh Utara

Share

Nukilan.id – Kadis Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Aceh Ir Mahdinur, mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, melakukan Peusijuek sebagai tanda telah di mulainya Rig Pengeboran di lokasi Sumur A-55 A, Gampong Meunasah Mampree dan Gampong Meunasah Ampeh, Kecamatan Syamtalira Aron, Aceh Utara pada Kamis 9 Februari 2023.

Kegiatan Peusijuek ini juga dirangkai dengan kegiatan pemberian santunan kepada anak yatim piatu yang berasal dari daerah setempat.

Kegiatan Peusijuek ini juga dirangkai dengan kegiatan pemberian santunan kepada anak yatim piatu yang berasal dari daerah setempat.

Peusijuek tersebut dimaksudkan sebagai pertanda dimulainya Rig Pengeboran di lokasi sumur A-55 yang berada di Kecamatan Syamtalira Aron, Kabupaten Aceh Utara.

PT Pema Global Energi (PGE) telah menyiapakan tenaga ahli untuk pekerjaan ini.

Sementara, kegiatan pemboran akan dilakukan oleh PT Bina Mitra Artha selama 42 hari dengan target mencapai 2.3 Km atau 7.000 feed.

Dalam sambutanya, Mahdinur menyatakan hulu migas di Indonesia pada tahun 2023 ini hampir sama dengan tahun 2022 yang lalu.

Dimana sebahagian besar realisasi investasi dialokasikan untuk menjamin operasional (66,80%) kemudian untuk program pembangunan fasilitas (22%) dan sisanya untuk kegiatan eksplorasi sebesar (11,50%) yang lebih besar 4,70% disbanding tahun 2022.

Kegiatan pemboran sumur eksplorasi sumur Arun A-55A yang dilaksanakan oleh PT Pema Global Energi dimaksudkan untuk menemukan perangkap geologi yang mengandung minyak dan gas bumi dalam upaya menambah umur produksi Wilayah Kerja B dan menambah cadangan migas nasional.

“Porsi yang besar untuk kegiatan operasional tahunan menegaskan bahwa Pemerintah dan Regulatornya baik SKK Migas maupun BPMA mengutamakan upaya untuk “bertahan hidup,” kata Mahdinur.

Menurutnya, bila dikaitkan dengan produksi dan lifting dapat diartikan bahwa porsi investasi tersebut dimaksudkan untuk menahan supaya tingkat produksi tetap pada posisi “normal” declining atau mampu menahan supaya declining tidak semakin dalam.

Sementara, kegiatan pemboran sumur eksplorasi sumur Arun A-55A yang dilaksanakan oleh PT Pema Global Energi dimaksudkan untuk menemukan perangkap geologi yang mengandung minyak dan gas bumi dalam upaya menambah umur produksi Wilayah Kerja B dan menambah cadangan migas nasional.

Peusijuek sebagai tanda telah di mulainya Rig Pengeboran di lokasi Sumur A-55 A, Gampong Meunasah Mampree dan Gampong Meunasah Ampeh, Kecamatan Syamtalira Aron, Aceh Utara pada Kamis 9 Februari 2023.

Dalam sambutanya, Mahdinur berharap pemboran ketiga sumur eksplorasi tersebut yang diawali oleh Pemboran Sumur eksplorasi Arun A-55A dapat berjalan lancar sesuai jadwal yang ditargetkan dengan hasil yang memuaskan dan menambah jumlah cadangan minyak dan gas bumi di Wilayah Kerja B.

“Untuk itu kami mohon dukungan dari semua pihak demi kelancaran pengeboran sumur eksplorasi ini,” ungkap Mahdinur. []

Read more

Local News