Sunday, November 27, 2022

Rektor Lantik Pengurus Dema, Sema, UKK dan UKM UIN Ar-Raniry

Nukilan.id – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menggelar acara pelantikan serentak pengurus Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema), Senat Mahasiswa (Sema), Unit Kegiatan Khusus (UKK), dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) periode 2022-2023.

Kegiatan yang bertajuk “Bergerak Bersama Dalam Satu Komitmen Untuk Melanjutkan Estafet Kepemimpinan Yang Berintegritas” ini berlangsung di gedung Auditorium Ali Hasymi UIN Ar-Raniry, Selasa (31/5/2022).

Para pengurus tersebut dilantik langsung oleh Rektor Prof. Dr. H. Warul Walidin AK, M.A, dan Wakil Rektor 3 Prof. Dr. Saifullah Idris, M.A, bidang kemahasiswaan dan kerjasama.

“Di UIN Ar-Raniry sudah banyak sekali perkembangan-perkembangan yang di capai, salah satunya sudah ada 19 prodi yang terakreditasi A, dan ada satu prodi yaitu Pendidikan Bahasa Arab yang ter akreditasi A unggul,” kata Rektor dalam keterangannya kepada Nukilan.

Rektor juga menyebutkan ada satu jurnal dari UIN Ar-Raniry yaitu jurnal Samarah yang pertama di Asia Tenggara di bidang Hukum, beliau menyebutkan ini adalah sebuah pencapaian yang luar biasa yang di raih oleh UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Sementara itu, Presiden Mahasiswa UIN Ar-Raniry, Mahmuddin dalam sambutannya menyampaikan ada beberapa kendala yang sedang Aceh alami pada saat ini, yaitu masalah pendidikan di Aceh.

“Pendidikan di Aceh hari ini mengalami kemunduran atas dasar pemikiran mahasiswa yang menyepelekan sebuah ilmu tersebut dan seharusnya kampus bisa memberikan kebebasan berfikir bagi mahasiswa karena kampus merupakan manivestasi laboratorium peradaban fikiran,” ujarnya.

Seperti diketahui, kata Mahmuddin, para pendahulu kita berjuang mati-matian merebut daerah kemerdekaan dari tangan penjajah, tapi nyatanya sekarang ada 4 pulau di Aceh yang dicaplok oleh provinsi tetangga, ini disebabkan oleh lengahnya pemerintahan Aceh dan kurangnya keterbukaan di dalamnya.

Karena itu, DEMA UIN Ar-Raniry siap sebagai garda terdepan dalam mengawal pemerintahan di Aceh khususnya. Apabila pemerintah mengeluarkan kebijakan yang menguntungkan rakyat maka DEMA UIN Ar-Raniry siap menjadi pembela terdepan.

“Dan apabila pemerintah mengeluarkan kebijakan yang merugikan rakyat Aceh, maka DEMA UIN Ar-Raniry siap berdiri terdepan untuk melawan. Karena UIN Ar-raniry merupakan Jantong Hate Rakyat Aceh,” tegasnya.

Pada acara pelantikan itu turut hadir  perwakilan Gubernur Aceh, Wakil Walikota Banda Aceh, perwakilan dari Kapolda Aceh, perwakilan dari DPR Aceh, perwakilan dari Dinas Syariat Islam Aceh, dan para Dekan dan Wakil Dekan se-lingkungan UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Reporter: Hadiansyah

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img