Thursday, May 30, 2024

Masuk ke Top 110 Event Daerah Terbaik Nasional, Yuk Kunjungi Aceh Ramadhan Festival 2024!

NUKILAN.id | Banda Aceh – Aceh Ramadhan Festival telah berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan dengan masuk ke dalam Top 110 Event Daerah Terbaik Nasional versi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI). Tak hanya itu, festival ini juga mencatatkan namanya dalam daftar Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024, membuktikan daya tariknya yang kian berkembang dari tahun ke tahun.

Berdasarkan pantauan Nukilan.id di lapangan pada Jumat (29/3/2024), beragam rangkaian kegiatan telah dipersiapkan untuk memperkuat ciri khas suasana Ramadhan di Serambi Mekkah ini. Pengunjung dapat menikmati berbagai takjil dan ngabuburit dengan nuansa perkampungan melalui berbagai permainan tradisional yang disajikan.

Salah satu daya tarik utama festival ini adalah adat Aceh yang kental terasa, di mana pengunjung dapat merasakan suasana buka puasa bersama dalam perayaan adat Aceh seperti khauri (kenduri) kanji, khauri peutamat daroh (khatam Alquran), dan khauri Ramadhan.

Selain itu, zikir khas Aceh “dalael khairat”, kirab, serta perjalanan spiritual bersama majelis zikir, muazin, imam, ustaz, dan ulama juga menjadi bagian tak terpisahkan dari ibadah Ramadhan di Masjid Raya Baiturrahman.

Tak jauh dari Kompleks Masjid Raya Baiturrahman, pengunjung juga dapat mengunjungi Sagoe Piasan Aceh di lapangan eks Hotel Aceh. Acara ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Aceh Ramadhan Festival 2024, menampilkan beragam seni tradisi Aceh yang bernuansa Islami seperti nasyid, gambus, musik etnik religi, tarian tradisi, dan hadrah sebagai hiburan menyambut berbuka puasa.

Berdasarkan informasi yang Nukilan.id peroleh, Aceh Ramadhan Festival dijadwalkan akan ditutup secara langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, di area Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Reporter: Akil Rahmatillah

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img