Tuesday, July 23, 2024

Harumkan Nama Aceh, Siswi SMA Negeri Modal Bangsa Terpilih Jadi Paskibraka Nasional,

NUKILAN.id | Banda Aceh – Siswi SMA Negeri Modal Bangsa (SMA Mosa), Dzawata Maghfura Zukhri, berhasil mengharumkan nama Provinsi Aceh dengan terpilihnya sebagai Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat nasional 2024. Dzawata, yang kini duduk di kelas X, akan bertugas di Istana Negara, Jakarta, pada upacara HUT RI ke-79 mendatang.

Pembina Paskibra Mosa, Raisul Akbar SPd MPd, menyampaikan kabar gembira ini dan membenarkan bahwa Dzawata merupakan salah satu siswa terbaik yang berhasil mewakili Aceh di ajang nasional.

“Dzawata adalah salah satu dari paskibra pilihan sekolah. Dia berhasil lolos seleksi tingkat Kabupaten, Provinsi, dan akhirnya nasional,” ujar Raisul, yang juga merupakan Guru Berdedikasi Nasional 2018.

Dzawata sendiri mengungkapkan rasa syukurnya dan menceritakan perjuangannya melewati berbagai tahap seleksi.

“Alhamdulillah, saya terus diberikan kesehatan selama mengikuti rangkaian tes dari tingkat Kabupaten, Provinsi, hingga Nasional,” tuturnya.

Putri pasangan Zukhri SE dan Sadrina SPd ini mengawali perjalanan seleksinya dari sekolah, dilanjutkan dengan seleksi di tingkat Kabupaten.

“Di Kabupaten, kami mengikuti tes wawasan kebangsaan, tes intelegensi umum, dan tes kesehatan. Alhamdulillah saya lolos dan mengikuti tes berikutnya yaitu parade, PBB, Smapta, dan wawancara,” jelas Dzawata.

Pada seleksi di tingkat Provinsi Aceh yang berlangsung pada Mei 2024, Dzawata berhasil lolos dan menjadi salah satu dari empat nama yang dikirim untuk seleksi Paskibraka nasional di Jakarta pada 9 hingga 13 Juni 2024. Hasil ini diumumkan oleh BPIP pada 21 Juni 2024, yang menyatakan Dzawata bersama Muhammad Yusran Ar-Razzaq terpilih sebagai calon Paskibraka tingkat Pusat.

“Terima kasih kepada kedua orang tua, keluarga, pembina, pelatih, guru-guru, dan teman-teman. Mohon doa agar kami senantiasa sehat dan dapat melaksanakan tugas dengan maksimal pada Agustus nanti,” tambah Dzawata yang bercita-cita menjadi taruna Akpol.

Kepala SMAN Mosa, Misra SPd MPd, mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi yang diraih Dzawata.

“Prestasi ini luar biasa bagi kami mengingat Mosa terakhir meluluskan wakilnya ke Paskibraka nasional pada tahun 1997 (Andy Arfan) dan 1998 (Dewa Andrian), saat itu di bawah pembinaan ibu Zalicha MM,” kata Misra.

Misra juga mengajak seluruh masyarakat Aceh untuk mendoakan Dzawata dan rekan-rekannya agar dapat memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa.

“Dzawata dan kawan-kawan pada 17 Agustus nanti akan mengibarkan bendera di Istana Negara. Selamat dan sukses kepada Dzawata Maghfura Zukhri, mari kita doakan agar dapat memberikan kontribusi terbaik bagi Aceh,” ujar Misra didampingi Waka Kesiswaan SMA Negeri Modal Bangsa Aceh, Mawardi SAg MSi.

Dengan terpilihnya Dzawata, harapan besar muncul agar generasi muda Aceh terus berprestasi dan mengharumkan nama daerah di kancah nasional.

Editor: Akil Rahmatillah

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img