Tuesday, June 25, 2024

Geuchik Landom : Jangan Ikut Kegiatan Saja, Tapi practice-nya Tidak Ada

Nukilan.id | Banda Aceh – Musyawarah Rencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2024 dalam proses pembahasan. Flower Aceh dengan dukungan Nonviolent Peaceforce dan Kedutaan Besar Belanda akan menyelenggarakan Konsultasi Publik Kelompok Perempuan dengan Pengambil Kebijakan di Tingkat Gampong.

Konsultasi kali ini dilaksanakan di Gampong Landom, Sabtu (28/4/2024). Kegiatan ini juga ikut hadir Direktur Eksekutif Flower Aceh Riswati, Open Misbah dari Bappeda Aceh serta Sulaiman Geuchik Gampong Landom, Banda Aceh serta anak muda dari Lamdom, Punge Jureng, dan Blang Oi.

Geuchik Gampong Landom, Sulaiman mengatakan, pelatihan apapun yang dilakukan harus ada practice-nya, jangan ikut kegiatan aja, tapi pulang tidak membawa apa-apa. Artinya, saran dan masukan yang ada mudah-mudahan terealisasi karena ada beberapa kegiatan atau masukan di Musrena atau di kegiatan lainnya juga memang ada yang belum terlaksana. Ini menjadi harapannya, baik ini atau tahun depan.

“Jangan cuma sekadar pelatihan, datang, dengar, kemudian pulang, harus bisa dilanjutkan hasil dan manfaat yang telah dipelajari,” ucapnya saat diwawancarai Nukilan.id yang ikut hadir di kegiatan tersebut.

Beberapa masukan di antara lain, Zahruna dari Perempuan Akar Rumput Blang Oi. Ia mengharapkan, pelatihan public speaking juga diperlukan sebagai upaya menerima ilmu baru agar saat berbicara di khalayak ramai lebih percaya diri. Kemudian sosialisasi perkawinan anak di bawah usia 19 tahun dan pergaulan bebas perlu dicegah dengan berbagai cara.

“Mungkin di gampong-gampong bisa dilibatkan perempuan dalam Tuha Peut karena banyak perempuan yang tidak berani mengadu ke kaum laki-laki, dia lebih nyaman cerita ke perempuan,” sebut Zahruna.

Kemudian, Cut dari Perempuan Muda dari Blang Oi juga menyampaikan, di desa harus ada sosialisasi pergaulan bebas agar anak muda tidak meraja rela, juga hak kesehatan reproduksi perempuan yang menikah di bawah umur itu bagaimana.

Reporter : Auliana Rizky

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img