Tuesday, July 23, 2024

Dua Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah Masuk QS World University Rankings 2025

NUKILAN.id | Banda Aceh – Lembaga pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS) merilis hasil pemeringkatan kampus terbaik dunia dalam World University Rankings (WUR) 2025. Dalam rilis yang diterbitkan di London pada Selasa (4/6), QS WUR memuat peringkat lebih dari 1.500 kampus yang tersebar di 106 negara.

Dua Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (PTMA) berhasil masuk dalam daftar bergengsi ini, yakni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Irwan Akib, menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya atas pencapaian ini. Menurutnya, capaian tersebut bukan datang secara tiba-tiba, melainkan hasil dari program-program unggulan yang terukur dan dikawal oleh sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni serta kerja keras semua komponen di kedua institusi tersebut.

“Capaian ini tentu bukan datang secara tiba-tiba, melainkan lahir dari program-program yang unggul dan terukur yang dikawal oleh SDM yang mumpuni dengan kerja keras semua komponen yang ada di kedua institusi tersebut,” ujar Irwan, Rabu (12/6).

Selain meraih peringkat di QS WUR, UMS juga mengalami lonjakan peminat mahasiswa asing yang mencapai 8.000 calon mahasiswa dari berbagai negara. UMY pun diminati ribuan mahasiswa internasional setiap tahunnya. Irwan menambahkan bahwa kedua capaian ini sejalan dengan tagline Muhammadiyah, yaitu unggul berkemajuan, serta program internasionalisasi yang dijalankan.

“Dua capaian ini tidak lepas dari tagline Muhammadiyah yaitu unggul berkemajuan dan juga program internasionalisasi,” jelas Irwan.

Irwan juga berpesan kepada PTMA lainnya untuk terus menghadirkan pusat-pusat keunggulan serta memberikan pelayanan prima kepada semua pemangku kepentingan. Ia berharap setiap PTMA bisa hadir dengan keunggulan masing-masing.

QS WUR 2025 edisi ke-21 menggunakan beberapa kriteria penilaian, termasuk reputasi akademik, sitasi per dosen, reputasi alumni, keterserapan lulusan di dunia kerja, rasio dosen dan mahasiswa, dosen internasional, jaringan riset internasional, mahasiswa asing, dan keberlanjutan. Dalam pemeringkatan kali ini, sebanyak 26 kampus di Indonesia berhasil masuk dalam daftar QS WUR 2025.

Capaian UMY dan UMS di QS WUR 2025 merupakan bukti nyata bahwa perguruan tinggi di bawah naungan Muhammadiyah terus berbenah dan berupaya menjadi lebih baik di tingkat global. Dengan berbagai program unggulan dan kerja keras yang berkelanjutan, diharapkan semakin banyak PTMA lainnya yang dapat mengikuti jejak kesuksesan ini.

Editor: Akil Rahmatillah

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img