Sunday, July 14, 2024

BMKG Prediksi Suhu Panas Landa Aceh, Warga Diminta Waspada

NUKILAN.id | Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini terkait suhu panas yang bakal melanda beberapa wilayah di Indonesia sepekan ke depan. Berdasarkan prediksi terbaru, suhu maksimum diperkirakan mencapai BMKG menyebutkan bahwa suhu panas ini akan melanda Provinsi Bali, Jawa Timur, Aceh, dan Sumatra Utara (Sumut).

“Suhu panas dalam dua hari terakhir sudah mulai terasa di beberapa wilayah di Indonesia, seperti Bali, Jawa Timur, Aceh, dan Sumut,” ujar Miming, Tim Pusat Meteorologi Publik BMKG, Rabu (12/6/2024).

Menurut hasil analisis BMKG yang dilakukan kemarin (11/6) siang, suhu terpanas tercatat di wilayah Aceh dengan suhu mencapai 36,6 derajat Celsius. Sementara itu, Sumatra Utara mencatat suhu 35,9 derajat Celsius.

Selain itu, suhu panas maksimum berkisar antara 34,8 hingga 34,0 derajat Celsius juga melanda wilayah Bali, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Banten, dan Sumatra Selatan.

“Kondisi ini masih perlu kita waspadai dalam sepekan ke depan, terutama pada siang hari yang menjadi titik suhu terpanas,” tambah Miming.

Fenomena suhu panas ini, menurut BMKG, disebabkan oleh gerak semu matahari yang berada pada jarak terdekat di equator. Hal ini sekaligus menandakan musim kemarau yang diperkirakan akan berlangsung dari Juni hingga September 2024.

Oleh karena itu, BMKG mengimbau masyarakat untuk mengonsumsi air mineral secara cukup dan teratur guna menghindari dehidrasi, terutama saat beraktivitas di luar ruangan.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk menggunakan pelindung seperti topi atau payung untuk melindungi kepala dan tubuh bagian atas. Penggunaan kacamata hitam untuk melindungi mata dan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV) juga sangat dianjurkan.

Diharapkan masyarakat dapat mengantisipasi kondisi ini dengan baik agar terhindar dari dampak buruk yang ditimbulkan oleh suhu panas ekstrem.

Editor: Akil Rahmatillah

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img