Sunday, July 14, 2024

BMKG Prediksi La Nina Akan Meningkatkan Curah Hujan di Indonesia Mulai Juni 2024

NUKILAN.id | Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis jadwal kedatangan fenomena La Nina di Indonesia. Menurut BMKG, La Nina akan dimulai dari wilayah Timur Indonesia dan perlahan bergerak ke Barat. Hal ini diumumkan oleh Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, yang mengonfirmasi bahwa El Nino telah berakhir dan akan berganti dengan La Nina.

BMKG memprediksi bahwa La Nina akan mulai terjadi pada Juni-Juli 2024, meskipun fenomena ini diperkirakan akan bersifat lemah. Sebagai kebalikan dari El Nino, La Nina biasanya menyebabkan peningkatan curah hujan di Indonesia.

Juru bicara World Meteorological Organization (WMO), Clare Nullis, menyatakan bahwa perkembangan La Nina diperkirakan akan memicu musim badai yang sangat aktif. Oleh karena itu, Clare menekankan pentingnya kesiapan dunia, termasuk Indonesia, dalam menghadapi musim badai yang akan datang.

BMKG juga merilis prediksi wilayah-wilayah di Indonesia yang akan mengalami curah hujan tinggi selama periode La Nina, yang terbagi berdasarkan bulan:

Juni 2024

Sebagian Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, sebagian Maluku, Maluku Utara, sebagian Papua Barat Daya, Papua Barat, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

Juli 2024

Sebagian Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat Daya, Papua Barat, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

Agustus 2024

Sebagian kecil Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Maluku, Papua Barat Daya, Papua Barat, dan Papua Tengah.

September 2024

Sebagian Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Maluku, Papua Barat Daya, Papua Barat, dan Papua Tengah.

Oktober 2024

Sebagian Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Jawa Barat, Maluku, Papua Barat Daya, Papua Barat, dan Papua Selatan.

November 2024

Sebagian Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, NTB, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Papua Barat Daya, Papua Barat, dan Papua Selatan.

Dengan prediksi ini, BMKG mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan mempersiapkan diri menghadapi peningkatan curah hujan yang mungkin terjadi selama periode La Nina.

Editor: Akil Rahmatillah

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img