Thursday, September 19, 2024
1

Dasco Sebut Beberapa Parpol Sudah Usulkan Nama Menteri ke Prabowo

NUKILAN.id | Jakarta – Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengungkapkan bahwa sejumlah partai politik (parpol) telah mengusulkan nama calon menteri untuk kabinet pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Saat ini, nama-nama yang diusulkan tersebut sedang melalui proses penilaian oleh Prabowo.

“Beberapa partai sudah mengusulkan, dan sekarang sedang dalam tahap profiling. Nanti, hasilnya akan disampaikan kembali kepada ketua umum masing-masing,” ujar Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (14/9/2024).

Namun, Dasco mengaku tidak mengetahui secara pasti parpol mana saja yang telah mengajukan nama-nama calon menteri. “Itu langsung ke Pak Prabowo, saya kurang tahu detailnya,” tambahnya.

Fokus Susun Kabinet

Dasco menegaskan, penyusunan kabinet adalah hak prerogatif presiden terpilih. Menurutnya, Prabowo saat ini sedang fokus melakukan simulasi untuk menentukan susunan menteri kabinet periode 2024-2029.

“Yang namanya susunan menteri itu hak prerogatif presiden terpilih. Simulasi sedang dilakukan untuk menentukan komposisi terbaik,” katanya.

Sebelumnya, Dasco sempat menyampaikan bahwa kabinet Prabowo-Gibran kemungkinan besar akan banyak diisi oleh kalangan profesional. Namun, ia enggan membeberkan berapa jumlah menteri yang akan diambil dari kalangan profesional.

Profesional Mendominasi

“Kelihatannya memang banyak dari kalangan profesional murni yang masuk,” ujar Dasco. Namun, ia belum bisa memastikan apakah partai politik akan mengusulkan kader yang juga profesional atau akan ada porsi khusus bagi profesional di luar parpol.

Dasco juga menyebutkan bahwa jumlah kementerian di kabinet Prabowo belum bisa diungkap. “Paling cepat H-7 atau bahkan bisa lebih lambat, tergantung dinamika yang terjadi,” jelasnya.

Koalisi Belum Bahas Kabinet

Menariknya, Dasco juga mengonfirmasi bahwa hingga saat ini belum ada pembahasan mengenai susunan kabinet dengan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar (Cak Imin), maupun dengan ketua umum partai politik lain yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

“Belum ada pertemuan khusus dengan para ketua umum parpol terkait susunan kabinet. Simulasi masih dilakukan oleh presiden terpilih, dan nanti akan disampaikan kepada para ketua umum pada waktunya,” tutup Dasco.

Editor: Akil

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img