Thursday, September 19, 2024
1

Aceh Taklukkan Jawa Barat 2-1, Puncaki Klasemen Grup A PON 2024

NUKILAN.id | Banda Aceh – Aceh memastikan diri sebagai juara Grup A cabang sepak bola putra Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024 setelah mengalahkan Jawa Barat 2-1 dalam laga penyisihan grup di Stadion H Dimurthala, Banda Aceh, Selasa (10/9/2024) malam.

Kemenangan ini membuat Aceh mencatatkan hasil sempurna dengan sembilan poin dari tiga pertandingan, sekaligus memastikan tiket ke babak delapan besar. Sementara itu, Jawa Barat yang kalah dalam laga ini tetap melaju ke fase berikutnya sebagai runner-up grup dengan empat poin. Tim asuhan Dindin Wahyudin sebelumnya bermain imbang 1-1 melawan Sulawesi Selatan dan menang tipis 1-0 atas Banten.

Banten sendiri finis di posisi ketiga dengan tiga poin, sementara Sulawesi Selatan terdampar di dasar klasemen dengan satu poin.

Amatan Nukilan.id, pertandingan berlangsung sengit sejak peluit awal dibunyikan, dengan kedua tim langsung saling menyerang. Meski begitu, belum ada gol yang tercipta hingga 10 menit pertama.

Jawa Barat berhasil membuka keunggulan lebih dulu pada menit ke-12 melalui tendangan keras Marvin Nugraha dari luar kotak penalti. Sepakan tersebut tak mampu dihalau kiper Aceh, M Safrizal, membuat skor berubah menjadi 1-0.

Namun, keunggulan Jawa Barat hanya bertahan tiga menit. Aceh langsung merespons lewat aksi brilian Akmal Juanda. Berhasil melewati dua pemain bertahan lawan, Akmal melepaskan tendangan keras mendatar yang sukses menembus gawang Sujarmin. Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Jawa Barat tampil lebih dominan. Beberapa peluang berhasil mereka ciptakan, namun solidnya pertahanan tuan rumah membuat upaya Jawa Barat selalu kandas.

Di tengah tekanan tersebut, Aceh justru berhasil membalikkan keadaan pada menit ke-61. Berawal dari serangan balik cepat, tendangan melengkung Herdiansyah dari sisi kanan gawang membuat kiper Jawa Barat, Sujarmin, kebingungan. Bola melesat tanpa bisa diantisipasi, membawa Aceh unggul 2-1.

Tertinggal, Jawa Barat kembali menekan. Namun, pertahanan Aceh yang dikawal Gazi Al Ghifari dkk terlalu kokoh untuk ditembus. Hingga peluit panjang dibunyikan, skor 2-1 tetap bertahan untuk kemenangan Aceh.

Dengan hasil ini, Aceh menutup fase grup tanpa kekalahan dari tiga laga yang dijalani. Sementara Jawa Barat tetap lolos ke babak delapan besar meski finis di peringkat kedua.

Hasil ini juga menggarisbawahi performa konsisten tim tuan rumah, yang kini semakin percaya diri menghadapi fase knock-out di PON 2024. (XRQ)

Reporter: Akil Rahmatillah

spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img