Friday, December 9, 2022

5 Pemain Ini Pindah Warga Negara Demi Bermain di Piala Dunia 2022

Nukilan.id – Piala Dunia 2022 Qatar jatuh pada 20 November mendatang. Namun ada sejumlah pemain yang memutuskan untuk pindah warga negara demi bermain di ajang empat tahun sekali tersebut.

Memutuskan pindah warga negara jelang Piala Dunia memang diperbolehkan oleh FIFA, asalkan memenuhi kriteria yang sudah ditetapkan, seperti memiliki keturunan di negara dimana dia ingin bela atau lahir di negara yang ingin dia dibela.

Berikut beberapa pemain bintang memutuskan pindah negara demi bermain di Piala Dunia 2022, seperti dilansir di berbagai sumber sebagai berikut:

1. Aymeric Laporte

Aymeric Laporte merupakan pemain kelahiran Prancis. Namun karena tidak pernah dipanggil Timnas Prancis, ia memutuskan pindah warga negara ke Spanyol, hal ini dimanfaatkan oleh federasi Sepak Bola Spanyol untuk mengajak pemain 28 tahun tersebut bergabung bersama Timnas Spanyol di Piala Dunia.

Ia memutuskan pindah warga negara pada 2020, selain itu, pemain belakang Manchester City tersebut sebelumnya pernah bermain bersama Timnas Spanyol di Eropa 2020. Bergabungnya Aymeric Laporte ke Timnas Spanyol tak luput dari bantuan Luis Enrique yang merupakan manajer timnas tim matador.

2. Alphonso Davies

Alphonso Davies merupakan warga negara Ghana, Namun keluarganya memutuskan migrasi ke Kanada. Pasalnya pada waktu itu Ghana sedang terjadi perang saudara, dimana Alfonso Daves malah kecil.

Ketika ia beranjak dewasa, Ia memutuskan pindah warga negara menjadi Kanada beserta keluarganya. Meskipun Federasi Sepak Bola Ghana menawarkan bergabung bersama Timnas Ghana. Namun pemain andalan Bayern Munich tersebut lebih memilih membela Timnas Kanada di Piala Dunia 2022.

3. Jack Grealish

Jack Grealish sebelumnya sempat memperkuat Timnas Republik Irlandia di berbagai usia. Nampun pada 2016 ia memutuskan pindah warga negara menjadi Inggris. Pasalnya bersama Timnas Inggris, ia memiliki peluang bermain di level yang lebih tinggi. Ia juga bergabung bersama Timnas Inggris di EURO 2020.
Kini Jack Grealish tampil sangat luar biasa bersama Manchester City dan Timnas Inggris. Dalam beberapa kesempatan, ia pernah mengungkapkan bahwa dirinya tidak menyesali kepindahan warga negaranya dari Irlandia ke Inggris. Selain itu, ia juga lahir di Birmingham, Inggris.

4. Otavio

Otavio merupakan gelandang andalan FC Porto. Dia berhasil membawa klub asal Portugal tersebut lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Ia adalah pemain kelahiran Brasil, namun ia memutuskan pindah warga negara ke Portugal supaya mendapatkan kesempatan bermain di Piala Dunia.

Meskipun lahir di Brasil, ia hanya empat kali bermain bersama Timnas Brasil U-20. Hingga pada 2021 ia memutuskan bermain bersama Timnas Portugal dan mencatat tujuh pertandingan serta dua gol.

5. Tariq Lamptey

Tariq Lamptey merupakan pemain andalan Brighton and Hove Albion di sektor bek sayap kanan. Ia memutuskan pindah warga negara setelah kurangnya mendapatkan kesempatan bersama Timnas Inggris. Ia lahir di Inggris namun ayahnya merupakan warga negara Ghana.

Hal ini langsung dimanfaatkan oleh Federasi Sepak Bola Ghana untuk mengajak ke Timnas Ghana. Alhasil, pemain berusia 22 tahun tersebut menerima tawaran tersebut.

Pada 2018-2020 ia sempat membela Timnas Inggris di berbagai usia dimulai dari U-18 hingga U-21. Namun tak kunjung mendapatkan tempat di Timnas Inggris senior, ia memutuskan untuk pindah ke Timnas Ghana. [Viva]

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img