Wednesday, December 7, 2022

Zahra Muzdalifah, Pesepak Bola Perempuan Indonesia Jadi Pemain Liga Inggris

Nukilan.id – Kabar gembira datang dari kancah sepak bola nasional. Salah satu pesepak bola perempuan Indonesia Zahra Muzdalifah telah resmi menjadi pemain Liga Inggris bersama klub South Shields FC Women.

Nama Zahra Muzdalifah telah masuk ke dalam daftar pemain Shouth Shields FC Women di North East Regional Womens Football League. Bersama 22 pemain lain, sudah resmi dapat dimainkan di kompetisi tersebut.

Kepastian bergabungnya Zahra Muzdalifah di South Shields FC didapat setelah pemain berusia 21 tahun itu menjalani trial. Kabar mengenai trial tersebut sudah diumumkan oleh Asiana Soccer School sejak akhir Juni lalu.

“Zahra pun berkata bahwasannya sudah siap dan ingin segera membuktikan diri sebagai salah satu bakat bertalenta dari Indonesia yang dapat bersaing di level global.” Tulis Asiana Soccer School di laman media sosialnya.

South Shields FC merupakan klub sepak bola di Inggris yang telah berdiri sejak 1888. Kendati sudah berdiri lama, mereka baru membentuk tim perempuan pada tahun 2013.

Tim perempuan South Shields FC yang dikenal sebagai South Shields FC Women pertama kali berkiprah di Durham Women’s League pada musim 2013-2014. Sejak saat itu, mereka merasakan tiga kali promosi hingga akhirnya kini berkompetisi di North East Regional Womens Football League.

North East Regional Womens Football League sendiri merupakan liga kasta kelima dan enam dalam piramida liga sepak bola perempuan di Inggris. Kompetisi tersebut memiliki dua level yang terdiri dari Premier Division (level pertama) serta Northern dan Southern Division (level kedua). Shouth Shields FC Women sendiri berada di Premier Division.

North East Regional Womens Football League musim ini belum lama dimulai di mana South Shields FC Women baru memainkan tiga pertandingan. Dalam tiga pertandingan tersebut, South Shields FC Women berhasil menyapu bersih kemenangan yang sekaligus membuat mereka menguasai puncak klasemen sementara.

Pemain Kedua

Zahra Muzdalifah adalah pesepak bola perempuan Indonesia pertama yang bergabung dengan klub Liga Inggris. Namun, ia bukan yang pertama di Eropa.

Sebelum Zahra Muzdalifah, sudah ada pesepak bola perempuan Indonesia lain yang bermain di Eropa. Ia adalah Shalika Aurelia yang merumput di Italia bersama Roma Calcio Femminile.

Kiprah Shalika Aurelia bersama Roma CF dimulai pada Januari lalu. Ia bergabung saat Roma CF tengah berkompetisi di Serie B musim 2021-2022 yang merupakan kompetisi kasta kedua di Liga Italia.

Sayangnya, Roma CF terdegradasi di akhir musim. Saat itu, Roma FC harus rela menempati posisi paling bawah di klasemen akhir. [GNFI]

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img