Tuesday, June 25, 2024

Setahun Terbengkalai, Kejayaan Jambo Panorama Hatta Kian Meredup

NUKILAN.id | Tapaktuan – Pemandangan memukau dari Jambo Panorama Hatta, yang dulunya menjadi salah satu ikon pariwisata di Aceh Selatan, kini terbengkalai dan terlupakan. Hal tersebut diungkapkan oleh seorang Tiktoker Aceh Selatan, Ikhwan Harpianda. Melalui unggahannya pada akun @siyong.wargakota, pada Kamis (17/4/2024) lalu, gambaran memilukan dari kondisi terbengkalainya situs bersejarah ini terungkap dengan jelas.

Menurut informasi yang diperoleh oleh tim Nukilan.id, setelah satu tahun tidak mendapat perhatian memadai, kondisi situs bersejarah dan bangunan di Jambo Panorama Hatta semakin memprihatinkan. Kawasan yang dulu dipenuhi oleh wisatawan kini terbengkalai, ditumbuhi oleh rumput liar dan ilalang, sementara bangunan-bangunannya semakin lapuk dan rusak.

Terletak di Puncak Gunung Pintoe Angen, Gampong Lhok Rukam Tapaktuan, Jambo Panorama Hatta menyimpan sejarah penting di balik gemilangnya masa lalu. Tempat ini menjadi saksi bisu dari istirahatnya Sang Proklamator, Drs. Mohammad Hatta, selama perjalanan keliling Aceh pada tahun 1953, dengan tujuan mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.

Sebagai simbol penting bagi masyarakat Aceh Selatan, keadaan terbengkalainya Jambo Panorama Hatta merupakan pukulan berat bagi mereka. Kawasan yang dahulu menjadi tujuan favorit wisatawan dan ikon pariwisata kini terlupakan. Bangunan yang seharusnya menjadi penjaga sejarah semakin tergerus oleh waktu, lapuk, rusak, bahkan mengalami kebocoran.

Dalam konteks ini, pertanyaan muncul tentang keberadaan pihak terkait, seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Selatan. Apakah mereka memiliki gagasan untuk menghidupkan kembali kejayaan Jambo Panorama Hatta, ataukah akan terus dibiarkan meredup tanpa kejelasan?

Oleh karena itu, juga perlu adanya klarifikasi dari bidang aset Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Aceh Selatan terkait kewenangan aset daerah di kawasan ini.

Diharapkan upaya bersama dari semua pihak terkait dapat dilakukan untuk mengembalikan keindahan dan kejayaan Jambo Panorama Hatta, sebagai bagian penting dari sejarah lokal dan warisan budaya yang harus dijaga untuk generasi mendatang.

Reporter: Akil Rahmatillah

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img