HomeAkademiaRektor USK: Jangan Daftar UTBK-SBMPTN Sebelum Pengumuman Kelulusan SNMPTN

Rektor USK: Jangan Daftar UTBK-SBMPTN Sebelum Pengumuman Kelulusan SNMPTN

Nukilan.id – Rektor Universitas Syiah Kuala (USK) Prof Samsul Rizal mengimbau kepada peserta jangan mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2021. Sebelum adanya pengumuman kelulusan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

“Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengeluarkan Surat Edaran terkait UTBK SBMPTN dan ada beberapa poin penting dalam surat tersebut yang patut menjadi perhatian peserta ujian ini,” katanya di Banda Aceh, Ahad.

Ia menjelaskan dalam edaran tersebut peserta yang telah dinyatakan lulus SNMPTN tidak dapat mendaftar pada jalur UTBK SBMPTN 2021, karena itu perlu menunggu pengumuman.

“Jika peserta SNMPTN 2021 ini melakukan pendaftaran sebelum pengumuman dan ternyata lolos SNMPTN, maka keikutsertaannya di SBMPTN tidak akan diproses dan biaya seleksi UTBK SBMPTN yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik lagi,” katanya.

Ia meminta Kepada peserta SNMPTN ini untuk bersabar sejenak dan jika ingin mendaftar SBMPTN, dapat memastikan terlebih dahulu kelulusannya di SNMPTN yang akan diumumkan pada pada 22 Maret 2021.

Baca juga: Rektor IPB: Saya Bangga, Aceh Sudah Mulai Produksi Gula Sawit

Ia mengatakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2021 telah dibuka mulai tanggal 15 Maret 2021 hingga 1 April 2021.

Adapun terkait sistem pembayaran, LTMPT mengeluarkan Surat Edaran khusus untuk Provinsi Aceh karena sistem perbankan di Aceh yang telah berubah menjadi syariah semenjak diberlakukannya Qanun No.11 tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah, sehingga seluruh mitra bank LTMPT pada tahun 2021 tidak memiliki kantor operasional lagi di Aceh.

Karena itu, Surat Edaran tersebut menjelaskan, untuk Aceh sistem pembayarannya dapat dilakukan dengan beberapa cara, pertama, dapat melalui mobile banking, internet banking, atau sms banking pada bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN bagi pemilik rekening terkait.

Kedua, dapat melalui ATM Mandiri, BNI, dan BTN pada beberapa lokasi di provinsi Aceh yang masih beroperasi dan ketiga, melalui teller di Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, dan BTN Syariah pada beberapa lokasi di provinsi Aceh.

“Daftar ATM Bank Konvensional yang masih beroperasi dan bank syariah yang melayani pembayaran melalui teller ini dapat dilihat di laman website resmi LTMPT.ac.id,” kata Rektor.

Ia menambahkan Untuk informasi lebih lanjut terkait proses seleksi masuk perguruan tinggi ini, peserta dapat melihatnya di website resmi LTMPT, dan apabila ada kendala selama proses pendaftaran atau lainnya dapat menghubungi helpdesk LTMPT, atau Humas USK pada nomor 08116752000.[antara]

Baca juga: Rektor IAIN Lhokseumawe Lantik 22 Pejabat Baru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here