Tuesday, June 25, 2024

Peringatan Cuaca: Hujan Lebat dan Angin Kencang Mengintai Sejumlah Wilayah Aceh

NUKILAN.id | Banda Aceh – Cuaca ekstrem kembali mengancam sejumlah wilayah di Aceh, dengan peringatan dini dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang mengingatkan akan potensi hujan lebat, disertai kilat/petir dan angin kencang.

Menurut BMKG, peringatan cuaca ini berlaku pada pukul 19:10 WIB hingga pukul 22.31 WIB malam ini. Wilayah yang berpotensi terdampak meliputi sejumlah kabupaten dan kota di Aceh Selatan, Aceh Tenggara, Aceh Tengah, Aceh Barat, Aceh Besar, Pidie, Aceh Utara, Aceh Singkil, Bireuen, Gayo Lues, Aceh Jaya, Nagan Raya, Aceh Tamiang, dan Bener Meriah.

Kabupaten Aceh Selatan, seperti Bakongan, Kluet Selatan, dan Trumon, serta Aceh Tenggara dengan Babussalam dan Badar, menjadi beberapa daerah yang harus waspada terhadap potensi cuaca buruk ini.

Sementara itu, wilayah lain seperti Aceh Barat dengan Woyla Barat, serta Aceh Besar dengan Indrapuri dan Kuta Malaka, juga turut masuk dalam zona yang perlu memperhatikan perkembangan cuaca.

Tidak hanya itu, peringatan juga diberikan untuk sejumlah wilayah yang dapat terdampak sekunder, seperti Kabupaten Aceh Tengah dengan Danau Laut Tawar dan Silih Nara, serta Aceh Barat dengan Arongan Lambalek dan Meureubo.

Dalam situasi ini, BMKG menyarankan kepada masyarakat untuk tetap waspada dan mengikuti perkembangan informasi cuaca yang terbaru. Langkah-langkah pencegahan dan keselamatan perlu ditingkatkan, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah yang rentan terhadap bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

Diharapkan dengan kewaspadaan dan kerja sama yang baik antara pemerintah daerah, instansi terkait, dan masyarakat, dampak buruk dari fenomena cuaca ekstrem ini dapat diminimalisir. Kita semua berharap agar keselamatan dan kesejahteraan warga Aceh tetap terjaga di tengah ancaman cuaca yang tidak menentu.

Editor: Akil Rahmatillah

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img