Tuesday, April 23, 2024

Pemkab Aceh Besar Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil Jelang Ramadan

Nukilan.id – Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melakukan peninjauan di Pasar Induk Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, untuk memastikan stabilitas harga bahan pokok menjelang bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah.

Asisten II Sekdakab Aceh Besar, M Ali, menyampaikan tujuan dari peninjauan ini adalah untuk memantau ketersediaan dan memastikan harga bahan pokok tetap stabil, terutama menjelang bulan puasa.

“Peninjauan ini dilakukan untuk memantau ketersediaan serta memastikan harga bahan pokok kebutuhan sehari-hari dalam keadaan stabil, terlebih lagi menjelang bulan puasa nanti,” kata Ali, Jum’at (23/2/2024).

Berdasarkan hasil pemantauan di Pasar Induk Lambaro, M Ali menginformasikan bahwa secara umum, harga serta ketersediaan sembako dan bahan penting lainnya masih stabil. 

Harga bahan pokok tidak mengalami kenaikan signifikan, kecuali cabai merah yang naik dari Rp 45 ribu hingga Rp 48 ribu per kilogram menjadi Rp 70.000 per kilogram.

“Alhamdulilah untuk ketersediaan stok sembako selama bulan puasa nanti dapat dipastikan aman dan mencukupi, kita akan pantau terus perkembangannya,” ucapnya.

M Ali juga mengimbau pedagang dan distributor untuk tidak menaikan harga bahan pokok yang tidak sesuai dengan ketentuan agar tidak merugikan masyarakat. Ia menegaskan agar tidak ada aksi penimbunan sembako oleh oknum manapun, dengan ancaman sanksi tegas.

“Dan penting untuk diingat agar dalam membuat makanan (buka puasa) untuk tidak menggunakan bahan-bahan berformalin atau sejenisnya,” tandas M Ali.

Sementara itu, Plt Kadiskopukmdag Aceh Besar, Trizna Darma ST, berharap peninjauan ini memberikan dampak positif terhadap ketersediaan bahan pangan selama bulan puasa dan dapat memantau stabilitas harga bahan pokok yang tidak memberatkan kantong masyarakat.

“Secara umum harga masih normal, stok sembako pun tersedia untuk bulan Ramadhan sampai Hari Raya Idul Fitri mendatang, dan dari hasil pemantauan juga tidak ditemukan penimbunan stok bahan pokok,” pungkas Trizna.

Harga berbagai sembako yang diperiksa di Pasar Induk Lambaro, antara lain, tomat Rp18.000 per kilogram, bawang merah Rp35.000 – 40.000 per kilogram, cabe merah Rp70.000 kilogram, cabe rawit Rp 35.000 per kilogram, kentang Rp. 18.000/kg, 

Kemudian,ayam potong Rp27.800 per kilogram atau Rp68.000 per ekor, telur Rp44.000 – 46.000 per papan, gula Rp16.400 per kilogram dan minyak curah Rp15.000 per kilogram, sedangkan beras medium Rp 23.000 per bambu, beras premium Rp24.000 per bambu dan beras super premium Rp25.000 per bambu.

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img