Tuesday, April 23, 2024

Menparekraf: KEN 2024 Harus Berikan Multiplier Effect ke Masyarakat

Nukilan.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menginginkan sebanyak 110 event berkualitas yang terangkum dalam Karisma Event Nusantara (KEN) diharapkan mampu meningkatkan perekonomian nasional dan memberikan multiplier effect kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikkannya saat peluncuran KEN 2024 yang bertajuk “Budaya Indonesia Panggung Dunia” di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Sabtu (27/1/2024) 

Sandiaga Uno menekankan pentingnya KEN sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi di berbagai daerah. Ia berharap KEN 2024, yang menawarkan beragam kegiatan seperti musik, budaya, seni karnaval, dan kuliner, dapat meningkatkan kunjungan wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

“Dengan bangga, kami meluncurkan KEN 2024 yang akan menampilkan 110 event unggulan, terseleksi dari 252 event yang diajukan oleh Dinas Pariwisata Provinsi di seluruh Indonesia,” ucapnya.

Sandiaga Uno juga menyampaikan berdasarkan data yang diterimanya, penyelenggaraan KEN 2023 telah memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan nilai produksi barang dan jasa di Indonesia, mencapai Rp212,2 miliar, serta pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia sebesar Rp198,6 miliar.

Selain itu, perputaran ekonomi dari 7,36 juta pengunjung pada KEN 2023 mencapai Rp12,38 triliun. Untuk tahun ini, Sandiaga Uno menargetkan peningkatan pergerakan ekonomi hingga mencapai 20-25 persen dari tahun sebelumnya, dengan harapan dapat mendukung 1,2 miliar hingga 1,5 miliar pergerakan wisatawan nusantara di tahun 2024.

Sandiaga Uno menjelaskan bahwa KEN 2024 akan menghadirkan event-event sepanjang tahun, berbeda dengan tahun sebelumnya, untuk mencegah penumpukan acara di akhir tahun. Pekan depan, event seperti Grebeg Sudiro akan digelar di Solo, Jawa Tengah, dan akan terus dilanjutkan di berbagai tempat, termasuk festival Cap Go Meh di Singkawang, Kalimantan Barat.

Menteri Pariwisata juga menyoroti aspek pemberdayaan UMKM dan kuliner daerah dalam KEN 2024. Ia menekankan pentingnya menampilkan kuliner-kuliner lokal agar wisatawan dapat lebih mengenal dan menikmati kekayaan kuliner di setiap daerah.

“Zona Kuliner ini memiliki daya tarik tertinggi, dan data menunjukkan bahwa 63 persen wisatawan berkunjung ke suatu daerah untuk menikmati kuliner khasnya. Oleh karena itu, di setiap KEN, zona kuliner harus hadir untuk memperkenalkan kuliner terbaik dari daerah masing-masing kepada para wisatawan,” tegasnya. []

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img